Bola Internasional

Deretan Fakta Menarik dari Pesta Gol Timnas Indonesia vs Vanuatu

Sabtu, 15 Juni 2019 22:00 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi selebrasi pemain Timnas Indonesia setelah Evan Dimas mencetak gol. Foto Herry Ibrahim Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi selebrasi pemain Timnas Indonesia setelah Evan Dimas mencetak gol. Foto Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 6-0 saat menjamu Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu (15/06/19) malam WIB, dalam laga uji coba agenda FIFA.

Dua pemain Madura United, Alberto Goncalves dan Andik Vermansah menjadi bintang di laga tersebut. Beto mencetak empat gol, sedangkan Andik mencatatkan empat assist. Dua gol lainnya disumbangkan oleh Evan Dimas.

Untuk sekadar informasi, pertandingan Timnas Indonesia vs Vanuatu mengakhiri babak pertama dengan skor hanya 2-0 untuk keunggulan skuat Garuda.

Namun, pada babak kedua, Timnas Indonesia seolah-olah mengamuk. Empat gol tambahan dicetak oleh skuat asuhan Simon McMenemy, dengan tiga gol dari Beto dan satu gol lainnya disumbangkan oleh Evan Dimas.

Vanuatu sempat mencoba menekan, dan memperoleh peluang emas di 10 menit akhir babak kedua. Namun, peluang tendangan bebas dan fenetrasi salah satu pemain Vanuatu gagal menembus gawang Awan Setho.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhir pertandingan uji coba Timnas Indonesia vs Vanuatu, skor 6-0 tak berubah.

Dari jalannya pertandingan Timnas Indonesia vs Vanuatu, ternyata ada tersimpan sederet fakta menarik dari laga yang banjir gol tersebut. Berikut INDOSPORT rangkum untuk Anda.

1. Enam Gol Pertama

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beto Goncalves melakukan selebrasi usai cetak gol dalam laga ujicoba melawan Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTBeto Goncalves melakukan selebrasi usai cetak gol dalam laga ujicoba melawan Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim

Fakta yang pertama adalah enam gol yang dicetak oleh Timnas Indonesia ke gawang Vanuatu. Kemenangan 6-0 tadi merupakan yang pertama kalinya sejak terakhir kali skor serupa dicatat saat menang di Piala AFF 2010 silam.

Timnas Indonesia menaklukkan Laos dengan skor 6-0 pada salah satu pertandingan Piala AFF 2010 silam. 

2. Produktivitas Beto Goncalves

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beto Goncalves dan Irfan Bachdim akan melakukan selebrasi. di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTBeto Goncalves dan Irfan Bachdim akan melakukan selebrasi. di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim

Selanjutnya ada fakta soal produktivitas yang ditunjukkan Beto Goncalves, padahal usianya sudah hampir menginjak 40 tahun (39 tahun).

Torehan empat gol ke gawang Vanuatu membuat Beto menyamai torehan Budi Sudarsono yang juga mencetak jumlah gol yang sama untuk Timnas Indonesia di ajang internasional.

3. Debut Sukses Simon McMenemy

© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Simon McMenemy dan ilustrasi formasi 3-43 Copyright: Shintya Anya Maharani/INDOSPORTSimon McMenemy dan ilustrasi formasi 3-43

Kemenangan telak 6-0 ini pun juga menjadi tanda bahwa debut Simon McMenemy di laga kandang Timnas Indonesia terbukti sukses besar.

Simon McMenemy sebenarnya sudah melatih Timnas Indonesia dalam dua pertandingan sebelumnya. Yaitu pada saat menghadapi Myanmar dan Yordania, tapi merupakan laga tandang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%