Bola Internasional

Fakhri Husaini Mengaku Kecewa dengan Pemain Rekomendasi di Timnas Indonesia U-19

Sabtu, 15 Juni 2019 06:10 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Fakhri Husaini mengaku kecewa dengan beberapa pemain rekomendasi yang mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Fakhri Husaini mengaku kecewa dengan beberapa pemain rekomendasi yang mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini mengaku dirinya sudah mengantongi sejumlah nama pemain untuk dipulangkan dan yang bertahan, Jumat (14/06/19) kemarin sore.

Hanya perlu tiga hari seleksi tahap kedua, pelatih yang membawa Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2018 lalu itu, juga menjelaskan bagaimana dia menyaring para pemainnya itu.

Tidak hanya itu, saat ditemui di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, tempat Timnas Indonesia U-19 melakukan pemusatan latihan, Fakhri Husaini juga menjelaskan seberapa jauh perkembangan skuatnya.

"Di hari ketiga ini, kami mengadakan control game ya. Jadi permainan antarmereka seperti layaknya pertandingan sesungguhnya," ujar Fakhri kepada tim redaksi INDOSPORT, Jumat (14/06/19).

Fakhri menjelaskan bahwa diadakannya Control Game bertujuan untuk mengetahui dengan jelas sejauh mana kemampuan dan perkembangan para pemain selama proses seleksi ini. 

© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Suasana latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Copyright: Shintya Anya Maharani/INDOSPORTSuasana latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

"Hari ini, saya melihat dan menentukan beberapa pemain yang layak untuk lanjut dan pemain yang berhenti, karena belum mampu untuk mengimbangi pemain yang lain," 

"Saya harus berpikir cepat memang, tidak ingin buang waktu terlalu lama, jadi saya akan pulangkan sebanyak 12 pemain," ujar Fakhri dengan tegas.

Dengan gamblang, Fakhri mengungkapkan bahwa sebagian besar pemain yang pulang adalah pemain yang direkomendasi oleh para pelatih dan pembina. 

"Kami sudah coba untuk mengakomodasi (pemain hasil rekomendasi), tetapi ternyata jauh dari harapan. Mereka masih sangat kurang dan kesulitan beradaptasi dengan pemain yang lain," ungkap Fakhri. 

"Di sini, mereka harus bersaing dengan pemain PPLP dan Eks U-16 yang telah mempunyai pengalaman lebih lama dan banyak," tambahnya.

Dengan dicoretnya sekitar 12 pemain, jumlah pemain yang ada di seleksi tahap ketiga Timnas Indonesia U-19 tersisa 23 orang jelang Piala AFF U-18 2019 yang akan diselenggarakan di Vietnam pada Agustus mendatang.

"Saya akan mencoba memberi kuota dan kesempatan kepada pemain di luar sana yang belum mengikuti seleksi ini," ucap Fakhri Husaini.

1