Liga Indonesia

Intip Profil 6 Stadion yang Disiapkan PSSI Untuk Gelaran Piala Dunia 2021

Selasa, 18 Juni 2019 12:43 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Stadion Pakansari, stadion bertaraf internasional yang terletak di kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Stadion Pakansari, stadion bertaraf internasional yang terletak di kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

INDOSPORT.COM - Berikut profil enam stadion yang telah disiapkan PSSI untuk gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang, ada markas Persija dan Persib Bandung.

Indonesia meman telah mencalonkan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Bahkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), menyatakan sudah bertemu dengan FIFA untuk membahas tentang kesiapan infrastruktur.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha mengatakan ada delapan stadion sepak bola di Tanah Air yang diproyeksikan menjadi lokasi pertandingan.

Lebih lanjut, Tisha menyebut jika lima stadion di antaranya pernah dipakai pada Asian Games 2018.

"Kami apply (stadion) GBK, Patriot, Pakansari, GBLA, Jalak Harupat, dan Wibawa Mukti," kata Tisha pada awak media berita sport di Jakarta, Senin (17/06/19). 

Persaingan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 sendiri tidak akan berjalan mudah, PSSI harus bersaing dengan negara-negara yang terbilang sudah mapan, bahkan ada dua negara yang mencalonkan diri bersamaan.

Namun meski sulit, upaya PSSI untuk menyelenggarakan turnamen sepak bola terbesar di Indonesia itu patut mendapat apresiasi. Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT coba mengulas dan merangkum, profil enam stadion yang telah disiapkan PSSI agar Indonesia bisa menggelar ajang Piala Dunia 2021 mendatang.

1. Pakansari
Stadion pertama adalah Pakansari yang terletak di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Stadion berkapasitas 30.000 penonton ini memang telah lama dipercaya untuk menggelar beberapa event sepak bola internasional.

Markas PSM Makassar di ajang Piala AFC 2109 ini pernah menjadi venue untuk perhelatan AFF tahun 2016, Asian Games tahun 2018, dan AFC U-19 tahun 2018.

Dengan sering digelarnya pertandingan internasional di venue ini, sangat layak jika laga Piala Dunia U-20 2021 nanti berlangsung di Stadion Pakansari.

2. Gelora Bung Karno (GBK)

© Instagram.com/Love_GBK
Seorang pekerja sedang melakukan proses brush treatment terhadap rumput GBK. Copyright: Instagram.com/Love_GBKSeorang pekerja sedang melakukan proses brush treatment terhadap rumput GBK.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) menjadi pilihan paling depan bagi PSSI untuk maju dalam pemilihan tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Selain memiliki kapasitas penonton yang cukup megah yakni 77.193 penonton, stadion yang berdiri sejak tahun 1962 ini memiliki sejumlah fasilitas nomor 1 di Indonesia bahkan selalu dipercaya untuk menjadi tuan rumah sejumlah gelaran event Internasional.

3. Patriot Candrabhaga
Stadion yang dibangun pada tahun 1980 ini, pernah menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat ke IV Tahun 1984.

Pada tahun 2012, stadion yang berlokasi di Bekasi tersebut mendapat renovasi besar-besaran sehingga menjadi stadion yang bertaraf internasional dengan kapasitas 30,000 dan diresmikan pada 11 Maret 2014.

Dengan kapasitas dan standar tinggi yang telah didapat markas Persipasi Bekasi ini, sangat layak jika para bibit muda negara lain bertanding di babak penyisihan grup ataupun partai lainnya di Piala Dunia U-20 2020 mendatang.