Liga Indonesia

David da Silva Tolak Klub Kasta Teratas Thailand Demi Persebaya Surabaya

Rabu, 19 Juni 2019 16:13 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
© Media Persebaya
David da Silva tolak pinangan Prachuap FC untuk gabung Persebaya Surabaya. Copyright: © Media Persebaya
David da Silva tolak pinangan Prachuap FC untuk gabung Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COMDavid da Silva yang dipastikan akan kembali membela Persebaya Surabaya pada paruh kedua Shopee Liga 1 2019 ternyata sempat menolak pinangan klub Thai Premier League, Prachuap FC.

Prachuap FC mulanya sedang mencari striker baru untuk menggantikan penyerang mereka asal Brasil, Harrison Caion, yang dikabarkan tidak akan memperpanjang kontraknya yang habis pada akhir 2019.

Dilansir dari situs berita Thailand, SiamSport, Prachuap FC kemudian harus menerima kabar buruk akibat David tak mau memperkuat klub yang bermarkas di Third Bay Stadium tersebut. Striker Brasil berusia 29 tahun itu menolaknya karena alasan keluarga.

Menurut David, istri dan anaknya lebih merasa nyaman tinggal di Indonesia. Selain itu, ia memutuskan untuk ‘pulang kampung’ ke Persebaya karena dukungan yang luar biasa dari para Bonek.

Ia sendiri sempat tak memiliki klub sejak 13 Juni 2019 setelah dicoret oleh Pohang. Klub yang kini menduduki peringkat tujuh klasemen sementara kasta tertinggi Liga Korea itu tak puas dengan kontribusi dua gol dan satu assist David dalam sembilan penampilannya.

Dengan pencoretan namanya, David hanya bertahan selama setengah musim usai resmi didatangkan pada 9 Januari 2019 dari Persebaya. Namun, pihak Persebaya bergerak cepat untuk mengamankannya. 

David mengaku jika ia telah mengadakan pembicaraan dengan manajer Persebaya, Candra Wahyudi. Hal tersebut membuat kepindahan David ke Surabaya berlangsung dengan mulus.

Ia akan menjalani periode keduanya untuk tim Bajul Ijo. Sebelumnya, ia berseragam Persebaya pada ajang Liga 1 2018 dan tampil apik dengan mencetak 20 gol dari 23 laga. Torehan itu membuatnya menjadi runner-up top skor musim tersebut.