Liga Indonesia

Resmi Gabung Persebaya, Harga David da Silva Ternyata Lebih Murah dari Amido Balde

Rabu, 19 Juni 2019 16:27 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© bolaindo/liga indonesia
Pemain Persebaya Surabaya, David da Silva dan Amido Balde. Foto: bolaindo/liga indonesia Copyright: © bolaindo/liga indonesia
Pemain Persebaya Surabaya, David da Silva dan Amido Balde. Foto: bolaindo/liga indonesia

INDOSPORT.COM – David da Silva resmi dikontrak kembali oleh salah satu klub sepak bola kontestan Shopee Liga 1 2019, Persebaya Surabaya. Penyerang berpaspor Brasil itu telah diperkenalkan sebagai pemain baru Persebaya pada Rabu (19/6/19) siang.

Melalui akun Instagram resmi klub, Manajer Persebaya Candra Wahyudi mengungkapkan bahwa manajemen Bajul Ijo telah menemui kesepakatan dengan David da Silva. Bahkan, eks pemain Persebaya di Liga 1 2018 itu dikontrak hingga musim depan.

“Kami sudah cukup lama bernegosiasi dengan David dan manajernya. Prosesnya sangat baik dan lancar. David akan bersama kita tidak hanya tahun ini, namun juga tahun depan,” kata Candra.

Senada dengan Candra, David mengungkapkan rasa bahagianya bisa kembali memperkuat Persebaya. Dukungan keluarga dan fans menjadi alasan mengapa pemain berusia 29 tahun itu bersedia kembali ke pelukan Bajul Ijo.

“Selama di Korea, saya dan agen saya terus berkomunikasi dengan Pak Candra. Itulah yang membuat proses saya kembali bergabung dengan Persebaya sangat cepat dan mulus. Selain manajemen yang profesional, dukungan yang luar biasa membuat saya senang di Persebaya. Istri dan anak-anak saya juga nyaman di sini,” ujar David.

Untuk memulangkan David da Silva, Persebaya diperkirakan mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Berdasarkan data yang dihimpun dari situs Transfermarkt, harga David saat ini berkisar di angka 270 ribu euro atau sekitar Rp4,3 miliar.

Meski banderol harga David termasuk mahal, namun ternyata harga eks pemain Pohang Steelers itu masih lebih murah jika dibandingkan dengan harga penyerang asing Persebaya yang didatangkan awal musim 2019, Amido Balde.

Penyerang asal Guinea-Bissau itu memiliki kisaran harga di angka 350 ribu euro atau sekitar Rp5,5 miliar. Walaupun berharga lebih mahal dari David da Silva, namun Amido Balde belum mampu menunjukkan ketajamannya di awal musim kompetisi Shopee Liga 1 2019.

Sempat tampil menjanjikan di turnamen pramusim Piala Presiden 2019 dan ajang Kratingdaeng Piala Indonesia, Amido Balde justru melempem di kompetisi liga yang sesungguhnya. Dari tiga pertandingan Persebaya di Shopee Liga 1 2019, pemain yang pernah memperkuat Glasgow Celtic itu baru bermain sekali dan belum mampu mencetak gol.