Bola Internasional

Hasil Pertandingan Copa America 2019 Brasil vs Venezuela: Anulir 2 Gol, VAR Buyarkan Kemenangan

Rabu, 19 Juni 2019 09:38 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Felipe Oliveira/Getty Images
Tomas Rincon berusaha menggagalkan tendangan Dani Alves dalam laga Copa America 2019 fase grup di Arena Fonte Nova, Rabu (19/06/19). Copyright: © Felipe Oliveira/Getty Images
Tomas Rincon berusaha menggagalkan tendangan Dani Alves dalam laga Copa America 2019 fase grup di Arena Fonte Nova, Rabu (19/06/19).

INDOSPORT.COM - Hasil Pertandingan babak penysihan Grup A Copa America 2019 antara Brasil vs Venezuela, Rabu (19/06/19) pagi WIB. Anulir 2 gol, VAR buyarkan kemenangan tim Samba.

Pada laga lanjutan matchday kedua babak penyisihan Grup A, tuan rumah Brasil harus berhadapan dengan kuda hitam Venezuela di Arena Fonte Nova.

Tampil di depan puluhan ribu penonton, Brasil sukses mendominasi sepanjang 90 menit laga berjalan namun rapatnya barisan pertahanan serta buruknya penyelesaian akhir tim Samba membuat skor kacamata bertahan hingga peluit panjang.

Tercatat Brasil mampu menguasai 70 persen penguasaan bola, bahkan melepaskan delapan tendangan. Namun sayang, tujuh di antaranya melenceng jauh dari gawang Venezuela.

Venezuela sendiri bukan tanpa perlawanan, anak asuh Rafael Edgar Dudamel Ochoa tersebut mampu melancarkan serangan balik dan menghasilkan lima tendangan dengan satu di antaranya menemui target.

Lebih lengkapnya, berikut hasil pertandingan babak penyisihan grup Copa America 2019 antara Brasil vs Venezuela.

Babak Pertama:

Di awal-awal pertandingan, Brasil langsung mengambil alih permainan dan mendapat peluang berbahaya dari Philipe Coutinho. 

Pemain Barcelona tersebut mencoba menekan dari sisi kiri, namun umpan silang yang dia kirimkan masih mendapatkan blok dari bek lawan. Brasil mendapatkan tendangan sudut namun masih gagal menjadi gol.

Menit ke-16,  Richarlison mendapatkan kesempatan emas usai berhasil menyerobot bola dari pemain Venezuela. Hanya saja tembakan kerasnya bisa diblok kiper. Brasil mendapatkan tendangan sudut, namun masih gagal menjadi gol.

Empat menit berselang, Venezuela mencoba menekan melalui skema serangan balik. Beruntung sundulan Rondon masih menjauh dari jala Brasil, dan skor 0-0 pun tak berubah.

Firmino sempat mencetak gol, namun dibatalkan wasit karena dirinya dianggap melakukan dorongan kepada bek lawan saat mengontrol bola. Hingga akhir babak pertama tak ada gol tercipta, dan kedua tim pun masuk ruang ganti dengan kedudukan sama kuat.

Babak Kedua:
Selepas jeda, Brasil kembali mengambil alih jalannya laga. Tim Samba mencoba menekan dari sisi kiri, namun pertahanan Venezuela yang berlapis sangat menyulitkan mereka untuk melakukan tekanan.

Gabriel Jesus sukses mencetak gol bagi Brasil. Menerima umpan dari Coutinho, Gabriel Jesus mampu melesakkan bola dan masuk ke gawang Venezuela.

Namun gol dari Gabriel Jesus tersebut tidak disahkan, karena dari tayangan VAR dinyatakan posisi Coutinho offside sebelum memberikan umpan.

Menit ke-68, Arthur melepaskan tembakan dari jarak yang cukup jauh, namun bola yang dia lepas masih melambung tinggi di atas mistar gawang Venezuela.

Memasuki sisa babak, serangan Brasil nampak dilakukan dengan tergesa-gesa. Namun pertahanan rapat Venezuela juga sukses menjaga gawang mereka dari kebobolan.

Jelang pertandingan berakhir Brasil kembali berhasil mencetak gol, namun lagi-lagi VAR membatalkan gol yang dibuat oleh Coutinho tersebut. Total sudah ada tiga gol Brasil yang dianulir, dan dua di antaranya melalui VAR.

Hingga peluit akhir dibunyikan, pertandingan Brasil vs Venezuela pun berakhir dengan kedudukan sama kuat 0-0. Hasil tersebut membuat Brasil masih kokoh di puncak klasemen, diikuti Peru yang di laga sebelumnya meraih kemenangan telak atas Bolivia.

Sementara Venezuela tertahan di peringkat ketiga, dengan raihan dua poin hasil dari dua imbang di dua pertandingan.

Susunan Pemain Brasil vs Venezuela:
Brasil IX:
Alisson; Filipe Luis, Thiago Silva, Marquinhos, Dani Alves, Casemiro, Arthur, David Neres, Philippe Coutinho, Richarlison, Roberto Firmino

Venezuela IX:
W. Fariñez; R. Rosales, M. Villanueva, Y. Osorio, R. Hernández, J. Moreno, D. Machís, T. Rincón, Y. Herrera, J. Murillo, S. Rondón