Liga Indonesia

Rahmad Darmawan Dukung Langkah Simon McMenemy Coret Manahati di Timnas Indonesia

Kamis, 20 Juni 2019 11:40 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fitra Herdian/Indosport.com
Rahmad Darmawan mengaku sependapat dengan keputusan Simon McMenemy yang mencoret Manahati Lestusen dari Timnas Indonesia. Copyright: © Fitra Herdian/Indosport.com
Rahmad Darmawan mengaku sependapat dengan keputusan Simon McMenemy yang mencoret Manahati Lestusen dari Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pelatih Tira Persikabo Rahmad Darmawan setuju akan tindakan Simon McMenemy yang mencoret Manahati Lestusen dari Timnas Indonesia. Manahati dipulangkan karena attitude yang buruk.

Seperti diketahui Manahati Lestusen memang harus tersingkir dari skuat Timnas Indonesia. Manahati dinilai tidak memiliki atitude yang mencerminkan sebagai pemain Timnas Indonesia.

Hal ini bermula lantaran tindakan Manahati yang menanduk pemain Persebaya Surabaya, Muhammad Hidayat di babak delapan besar Piala Presiden 2019 beberapa waktu lalu.

Karena prilaku ini, Manahati tidak dipanggil dalam dua laga uji coba Timnas Indonesia, saat menghadapi Yordania dan Vanuatu. Keputusan itu ternyata mendapat dukungan dari Rahmad Darmawan sebagai pelatih Tira Persikabo.

"Saya sangat setuju dengan Simon McMenemy dan itu menjadi pelajaran untuk pelatih juga karena apa yang dilakukan pemain di lapangan tidak luput dari pelatih," ucap Rahmad Darmawan.

Pelatih yang kerap disapa Coach RD ini mengaku juga sempat kecewa atas tindakan Manahati. Baginya Tira Persikabo memiliki target meraih tim fair play, sehingga pemainnya harus menjaga sikap.

"Saya waktu itu marah dengan pemain bahkan waktu saya mengeluarkan pernyataan kepada pemain dan manajemen saya sudah katakan, bahwa target Tira-Persikabo, kalau tahun ini tidak jadi juara, kami bisa mendapatkan tim fair play," jelas mantan pelatih Mitra Kukar ini.

"Artinya semua pemain harus tahu tujuan kami itu. Maka mereka (pemain) harus bisa mengaplikasikannya di lapangan," tambah mantan pelatih Persija Jakarta itu.

RD menambahkan sikap anak asuhannya sudah mulai membaik. Hal itu terlihat dari tiga awal yang sudah dijalani di Liga 1 2019.

"Semua lihat, kan kemarin kami tidak ada hal-hal yang dilakukan tidak baik lagi oleh pemain. Sudah tiga pertandingan sama sekali tidak ada hal negatif yang dilakukan," ujarnya.

"Itu yang akan terus kami perbaiki dalam setiap pertandingan. Bagaimanapun di depan nama Persikabo itu ada nama Tira, itu yang harus kita jaga juga," ungkapnya.

Sekadar informasi, dalam klasemen sementara Shopee Liga 1 2019, Tira Persikabo mampu menempati peringkat lima dengan torehan 5 poin.