Liga Indonesia

Melacak Sepak Terjang Pesepak Bola Berdarah Indonesia, Thom Haye di Eropa

Sabtu, 22 Juni 2019 15:33 WIB
Editor: Coro Mountana
© Dok Pribadi/Thom Haye
Thom Haye pesepak bola Belanda Copyright: © Dok Pribadi/Thom Haye
Thom Haye pesepak bola Belanda

INDOSPORT.COM – Siapa sangka dalam skuat Lecce yang berhasil promosi ke Serie A Italia, terdapat sosok pesepak bola berdarah Indonesia, dia adalah Thom Haye.

Gelandang berusia 24 tahun itu memulai karier sepak bolanya di Eropa dengan membela tim muda klub Belanda, AZ Alkmaar. Menurut data dari Transfermarkt, Thom Haye sukses tampil gemilang di AZ Alkmaar U-21 dengan catatan 52 kali main, 13 gol dan 8 assists.

Melihat penampilan yang impresif itu, Thom Haye pun akhirnya berhasil menembus tim senior AZ Alkmaar. Hingga pada akhirnya pada 2016, Thom Haye memutuskan untuk pindah dari tim yang ia bela sejak kecil ke Willem II Tilburg.

Hanya bermain selama dua musim, Thom Haye mengambil sebuah langkah berani dengan meninggalkan negeri Belanda untuk bergabung dengan klub Serie B, Lecce. Rupanya keputusannya untuk ke Italia merupakan sebuah langkah yang tepat.

Pasalnya, ia menjadi bagian dari skuat Lecce yang sukses promosi ke Serie A Italia untuk musim 2019/20. Tampil dalam 15 laga di semua ajang, Thom Haye masih sempat menyumbangkan 1 assist bagi Lecce.

“Tahun ini, kami (Lecce) berada di posisi kedua Serie B sehingga berhak promosi. Itu hal yang menakjubkan. Sudah pasti menyenangkan di musim depan bakal mendapatkan kesempatan bermain di salah satu ajang terbaik dengan stadion yang mewah,” cerita Thom Haye kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Dengan kepastian bakal bermain di Serie A, itu artinya Thom Haye bakal mengikuti jejak Radja Nainggolan sebagai pesepak bola berdarah Indonesia yang main di Italia. Jika Nainggolan memiliki darah Batak dari ayah, maka Thom Haye punya jejak itu dari kakek dan neneknya.

“Nenek saya berasal dari Sulawesi sedangkan kakek lahir di Solo, Jawa Tengah,” ungkapnya.

Setelah memulai karier di Belanda yang berlanjut dengan petualangan di Italia, apa target selanjutnya Thom Haye? Mungkinkah ia pulang ke Indonesia untuk membela salah satu klub Liga 1?