Liga Indonesia

Banyak Pelatih Liga 1, Ini Starting XI Terbaik Timnas Indonesia Era 90-an

Sabtu, 22 Juni 2019 09:09 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Starting IX Terbaik Timnas Indonesia Era 90-an Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Starting IX Terbaik Timnas Indonesia Era 90-an

INDOSPORT.COM - Hasil buruk yang didapatkan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2018 lalu tentu saja menyesakkan banyak pihak. Diharapkan dapat menjadi juara, Timnas Indonesia malah gagal lolos dari fase grup. 

Padahal, Indonesia memiliki catatan impresif di turnamen ini pada era 90-an dan awal 2000-an. Walau tidak pernah juara, Timnas Garuda sudah merasakan lima kali masuk babak final. 

Kini Timnas Indonesia tengah meniti kebangkitan di bawah asuhan pelatih anyar Simon McMenemy. Sejumlah uji coba telah dilakukan demi menyambut kualifikasi Piala Dunia 2020. 

Terlepas dari persiapan tersebut, mari kita sejenak intermezo dengan mengenang 11 pemain Indonesia terbaik di era 90-an yang membawa Timnas Indonesia berjaya. 

Formasi 4-4-2

KIPER

Kurnia Sandy 

Untuk posisi kiper, rasanya Kurnia Sandy pantas untuk ditempatkan sebagai yang terbaik. Kurnia Sandy menjadi andalan Timnas Indonesia di turnamen Piala Asia 1996 dan Piala AFF 1998. 

Namanya dikenal usai menjadi salah satu pemain yang dikirim ke dalam program primavera di Italia. Sandy pun mampu membayar kepercayaan tersebut dengan menjadi kiper utama timnas. 

Penampilan gemilangnya di pertandingan Piala Asia melawan Kuwait, Desember 1996, akan terus dikenang. Sandy melakukan banyak penyelamatan penting sampai akhirnya harus ditarik keluar karena cedera patah hidung. 

BEK

Anang Ma'ruf (kanan), Bejo Sugiantoro (tengah), Robby Darwis (tengah), Aji Santoso (kiri)

Anang Ma'ruf

Legenda hidup Persebaya ini pernah menjadi bek sayap kanan terbaik Timnas Indonesia pada masanya. Ia selalu menjadi langganan baik di kompetisi SEA Games maupun Piala AFF. 

Di era 90-an Anang Ma'ruf sukses membawa Persebaya juara dan menjadi pilihan utama di pos bek kanan Timnas Indonesia.

Bejo Sugiantoro

Bejo Sugiantoro bisa dibilang adalah salah satu libero terbaik Indonesia tahun 90-an. Penampilan impresifnya di lini belakang sukses membawa Persebaya menjadi juara Liga Indonesia. 

Ia pun menjadi pilihan utama Timnas Indonesia pada kompetisi Piala AFF. Total, pria yang kini menjadi asisten pelatih Bajul Ijo itu telah mengoleksi 45 caps dan dua gol bersama timnas. 

Robby Darwis

Legenda Persib Bandung, Robby Darwis, adalah sosok tepat untuk melengkapi posisi bek tengah. Di awal 90-an, Robby menjadi sosok sentral yang membawa Persib juara Perserikatan dan Liga Indonesia edisi pertama. 

Robby Darwis pun masuk ke dalam anggota skuat yang memenangkan medali emas SEA Games 1991. 

Aji Santoso

Aji Santoso adalah salah fullback kiri terbaik yang pernah dimiliki Timnas Indonesia. Ia selalu menjadi andalan di tiap tim yang dibelanya. 

Tak hanya terbaik, ia pun menjadi salah satu yang tersukses. Di level klub, ia pernah merasakan juara Liga Indonesia bersama Persebaya dan PSM. 

Aji muda masuk ke dalam skuat timnas yang meraih medali emas SEA Games 1991. Ia juga ikut main di Piala Asia 1996 dan Piala AFF 1998.

Walau berposisi bek, pria yang kini menukangi Persela itu memiliki karakter menyerang yang bagus. Inilah sebabnya ia diandalkan untuk posisi fullback timnas.