Liga Indonesia

3 Alasan Jacksen F. Tiago Layak Bertahan di Barito Putera

Minggu, 23 Juni 2019 12:44 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Jacksen F Tiago pada jumpa pers Barito Putera jelang laga Liga 1 lawan Bhayangkara FC di stadion Patriot, Bekasi, Senin (27/05/19). Foto: Herry Ibrahim/Herry Ibrahim Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Jacksen F Tiago pada jumpa pers Barito Putera jelang laga Liga 1 lawan Bhayangkara FC di stadion Patriot, Bekasi, Senin (27/05/19). Foto: Herry Ibrahim/Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM – Suasana tim sepak bola  Barito Putera semakin memanas setelah gagal meraih poin di laga pekan kelima Shopee Liga 1 2019 (kasta tertinggi bola Indonesia) menjamu Kalteng Putra, Minggu (22/06/19) sore.

Ini merupakan kekalahan kedua Barito di kandang, meski sebelumnya skuat berjuluk Laskar Antasari itu mempertahankan gelar tak pernah kalah di kandang selama dua musim berturut-turut.

Kekalahan itu juga memastikan Barito Putera terbenam ke dasar klasemen sementara lantaran hanya mampu meraih satu poin dari empat laga. Suporter pun mendesak untuk manajemen agar berbenah dan banyak pula yang meneriakkan agar pelatih kepala Jacksen F. Tiago mundur dari jabatannya.

Pelatih sepak bola asal Brasil itu bahkan telah mengisayaratkan masa depannya di Barito. Dalam sesi konferensi usai pertandingan, ia mengaku ikhlas melepas jabatannya dan bertanggung jawab atas turunnya performa tim musim ini.

“Memang Bapak Hasnuryadi berharap besar ketika mendatangkan saya, namun saya tidak mampu memenuhi harapan beliau, sehingga saya ikhlas menyerahkan posisi sebagai pelatih. Sekarang saya tidak mau menjadi beban pemain dan suporter, inilah akhir perjalanan kita bersama,” papar Jacksen.

Namun, apakah mundurnya pelatih sepak bola asal Brasil tersebut merupakan langkah yang tepat untuk Barito Putera?

Setidaknya ada sejumlah alasan yang dapat menjadi pertimbangan bagi manajemen Barito Putera untuk mempertahankan Jacksen F. Tiago di klub. Beragam prestasi dan peningkatan kualitas tim telah ia torehkan selama tiga musim menukangi Barito Putera.

Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT.com merangkum 3 alasan mengapa Jacksen F. Tiago layak dipertahankan Barito Putera:

1. Pernah jadi Pemuncak Klasemen

Sejak awal manajemen Barito Putera mengontrak Jacksen F. Tiago dengan durasi tiga musim guna membangun pondasi Laskar Antasari untuk selanjutnya mampu bersaing di papan atas klasemen dan menjuarai Liga 1.

Musim 2017 lalu, nama Barito masih menjadi ancaman bagi lawan lantaran memiliki kualitas pemain yang sama rata dari semua lini, baik striker, gelandang, hingga bek yang sangat produktif dalam mencetak gol. Bahkan titel top skorer klub dipegang oleh pemain sayap, Rizky Rizaldi Pora.

Selanjutnya pada musim 2018, Barito bahkan sempat memimpin di puncak klasemen selama beberapa pekan, sebelum akhirnya melempem di putaran kedua lantaran tak pernah menang di delapan laga berturut-turut. Prestasi individu juga ditorehkan Samsul Arif yang mampu menjadi top skorer pemain lokal di Liga 1.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%