Liga Indonesia

Kejutan-kejutan Besar dalam Pekan Perdana Liga 2 2019

Senin, 24 Juni 2019 11:30 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© yodab.id
Ilustrasi logo Liga 2 2019. Copyright: © yodab.id
Ilustrasi logo Liga 2 2019.

INDOSPORT.COM - Sebagaian besar pertandingan di pekan perdana Liga 2 2019 telah usai digelar kemarin, Minggu (23/06/19).

Sebanyak empat tim dari Wilayah Barat sukses mengunci tiga poin. Mereka adalah PSMS, Cilegon United, Persibat, Persita, dan Siriwijaya FC. 

Sementara di Wilayah Timur, ada empat tim yang mendapatkan kemenangan. Mereka adalah Persik, Persewar, Madura FC, dan Persiba. 

Persik Kediri memimpin klasemen usai menundukkan PSBS Biak dengan empat gol tanpa balas. Sementara PSMS melesat ke puncak usai menang 3-2 atas tuan rumah PSPS. 

Dalam perjalanannya, pekan pertama Liga 2 2019 pun menghasilkan sejumlah kejutan besar. Apa saja itu? Berikut ini kami rangkum tiga kejutan yang terjadi di pekan perdana Liga 2 2019. 

1. Kerusuhan Suporter 

© Instagram
Oknum suporter PSPS Riau terlibat bentrokan dengan pihak keamanan di laga melawan PSMS Medan, Sabtu (22/06/19). Copyright: InstagramOknum suporter PSPS Riau terlibat bentrokan dengan pihak keamanan di laga melawan PSMS Medan, Sabtu (22/06/19).

Belum apa-apa, kompetisi Liga 2 sudah tercoreng oleh kerusuhan suporter. Peristiwa kurang terpuji ini terjadi di laga perdana antara PSPS Riau melawan PSMS Medan di Stadion Rumbai, Sabtu (22/06/19) sore WIB. 

Ratusan suporter PSPS Riau masuk ke lapangan beradu dengan polisi dan petugas pemadam. Kerusuhan ini diawali saat suporter Curva Nord melemparkan petasan ke lapangan dekat gawang milik PSMS Medan. 

Wasit pun menghentikan pertandingan. Namun aksi malah meluas dengan suporter yang membakar kertas di tribun sampai dekat lapangan. 

Polisi dan pemadam yang berusaha menstabilkan situasi pun kewalahan dengan aksi oknum suporter tak bertanggung jawab itu. 

2. Persib B Babak Belur

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
PSCS Cilacap vs Blitar United di Stadion Wijayakusuma, Minggu (23-06-19). Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTPSCS Cilacap vs Blitar United di Stadion Wijayakusuma, Minggu (23-06-19). Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

Mendapat sorotan luas saat pertama kali diumumkan, Persib B babak belur di laga perdana mereka di Liga 2. 

Digadang-gadang jadi tim kuda hitam, skuat asuhan Liestiadi itu justru menanggung malu usai dihajar tuan rumah PSCS Cilacap 0-3 di Stadion Wijayakusuma, Minggu (23/06/19).

3. Kejanggalan Persib B

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Papan skor PSCS Cilacap vs Blitar United di Stadion Wijaya Kusuma, Cilacap. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTPapan skor PSCS Cilacap vs Blitar United di Stadion Wijaya Kusuma, Cilacap. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

Tak hanya kalah, ada kejanggalan yang ditunjukkan oleh Persib B. Paling kentara adalah masalah polemik nama yang masih terjadi karena menyangkut legalitas.

Meski saat ini terkenal dengan Persib B maupun Bandung United, nyatanya Faumi Syahreza dan kawan-kawan masih tetap menggunakan nama asli sebelumnya, yakni Blitar United. 

Lucunya, manajemen nampaknya sudah menyiapkan logo Persib B di jersey. Hanya saja, logo di sisi kanan kaus itu ditutup menggunakan plester berwarna putih.

Meski jersey pemain yang bertanding ditutup plester, namun hal itu tak berlaku bagi ofisial. Kaus yang dikenakan para ofisial seperti dokter tim hingga kitman masih menggunakan tulisan Persib di bagian belakang dan logo di depan.