Liga Inggris

Kepergian Rafael Benitez dari Newcastle Tuai Protes Pendukung

Selasa, 25 Juni 2019 11:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Ratusan pendukung Newcastle United memprotes keputusan klub yang mengumumkan secara sepihak bahwa Rafael Benitez resmi mengundurkan diri dari kursi kepelatihan.

Dilansir dari Sport Mirror, para suporter memadati depan Stadion St James’ Park dengan membawa spanduk-spanduk besar berisi protes atas kepergian Benitez. Selain itu, mereka bersumpah akan membatalkan tiket musiman jika protes diabaikan klub.

Protes penggemar ini berawal dari pernyataan Newcastle bahwa Rafa Benitez hengkang. Klub akan segera mencari pelatih baru sebelum mengawali pra musim pada 4 Juli 2019 mendatang.

Sontak, para pendukung marah. Pasalnya, Newcastle memutuskan secara sepihak soal masa depan manajer yang membawa Liverpool menjuarai Liga Champions pada 2005.

Selain itu, mereka menyalahkan Mike Ashley, selaku direktur olahraga klub, sebagai dalang keputusan tersebut. Mike Ashley dianggap tidak serius membujuk Benitez untuk bertahan lebih lama

Klub sejatinya sudah mengajukan penawaran perpanjangan kontrak setahun dengan gaji sebesar 6 juta poundsterling (Rp107 miliar), ditambah biaya transfer 50 juta poundsterling (Rp899 miliar). Namun, kesepakatan itu gugur di tengah jalan.

Benitez menangani Newcastle United sejak Maret 2016. Usai ditunjuk sebagai pengganti Steve McClaren pada 10 laga terakhir, ia berhasil menyelamatkan The Magpies dari jerat degradasi dengan selisih satu poin.

Ia membawa Newcastle bertahan dengan skuat yang ‘seadanya’ hingga saat ini. Bermodalkan pemain yang mayoritas serupa kala pertama kali menjabat, Benitez menyulap Ayoze Perez dan kawan-kawan menjadi tim yang solid.