Liga Inggris

Sir Alex Ferguson Ungkap Penyesalan Terbesar Pernah Tinggalkan Manusia 3 Paru-paru

Rabu, 26 Juni 2019 20:51 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Yohanes Ishak
© Matthew Ashton/AMA/Corbis via Getty Images
Legenda Korea Selatan, Park Ji-sung, saat membela Manchester United. Copyright: © Matthew Ashton/AMA/Corbis via Getty Images
Legenda Korea Selatan, Park Ji-sung, saat membela Manchester United.

INDOSPORT.COM – Selama 26 tahun kariernya sebagai manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson telah memenangkan banyak gelar bergengsi. Namun di balik kesuksesan tersebut, Sir Alex juga pernah melakukan tindakan yang membuatnya sangat menyesal.

Salah satu keputusan yang begitu disesali Sir Alex selama menukangi Manchester United adalah tidak memasukkan nama Park Ji-sung ke dalam daftar pemain untuk pertandingan final Liga Champions menghadapi Chelsea, musim 2007/08 lalu.

Meski pada pertandingan final yang digelar di Stadion Luzhniki, Moskow, tersebut Manchester United berhasil mengalahkan Chelsea lewat drama adu penalti, namun keputusan meninggalkan Park Ji-sung benar-benar disesali oleh Sir Alex.

“Masalah saya di final (Liga Champions) tahun 2008 adalah meninggalkan Park Ji-sung untuk laga final. Saya bahkan menyesalinya sampai hari ini,” ungkap Sir Alex dilansir dari kanal berita sepak bola Sport Bible.

Sir Alex menganggap, Park seharusnya pantas berlaga di partai final karena sudah bermain bagus sepanjang musim. Eks manajer asal Skotlandia itu menilai Park adalah salah satu kunci keberhasilan Setan Merah melaju hingga partai puncak Liga Champions 2008.

“Dia telah memainkan perannya secara bagus, dan itulah masalah yang akan Anda hadapi menjelang final,”tegas Sir Alex.

Didatangkan Manchester United pada bursa transfer musim panas 2005 dari PSV Eindhoven, nama Park Ji-sung mejelma menjadi salah satu pemain kesayangan Sir Alex selama menukangi Setan Merah.

Kemampuan Park bermain di banyak posisi di lini tengah menjadikan pemain asal Korea Selatan itu sebagai salah satu favorit Sir Alex. Selain itu, Park yang dijuluki Manusia Tiga Paru-paru merupakan pemain yang punya etos kerja tinggi di atas lapangan.

Park Ji-sung bermain untuk Manchester United selama tujuh musim, dari 2005 hingga 2012. Di klub yang bermarkas di Stadion Old Trafford itu, Park berhasil meraih empat gelar juara Liga Primer Inggris, tiga trofi Piala FA, dan satu gelar Liga Champions Eropa.