Liga Indonesia

2 Kali Rugikan Persebaya, Wasit Dodi Setia Jadi Sasaran Amarah Netizen

Kamis, 27 Juni 2019 18:58 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Wasit Dodi Setia Purnama mendapat sorotan tajam ketika memimpin pertandingan leg kedua babak perempatfinal Kratingdaeng Piala Indonesia antara Madura United menjamu Persebaya di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Kamis (27/6/19) sore.

Sorotan yang ditujukan kepada wasit asal Indramayu itu merupakan imbas dari keputusan-keputusannya yang dianggap merugikan Persebaya. Akibatnya, nama Dodi Setia Purnama pun menjadi sasaran amarah netizen di dunia maya.

Setidaknya, ada dua keputusan kontroversial yang dilakukan oleh wasit Dodi Setia Purnama pada laga Madura United vs Persebaya. Yang pertama terkait handball di dalam kotak penalti Madura United pada menit ke-54.

Selain itu, Dodi Setia juga disorot karena tidak memberikan tendangan penalti kepada Persebaya setelah Amido Balde dilanggar oleh kiper Muhammad Ridho di dalam kotak penalti Madura United.

Akibat dua keputusan kontroversial tersebut, netizen pun meluapkan amarahnya pada sosok Dodi Setia Purnama. Kebanyakan dari mereka mempertanyakan kualitas wasit tersebut.

Laga leg kedua babak perempatfinal Kratingdaeng Piala Indonesia antara Madura United menjamu Persebaya akhirnya dimenangi oleh tim tuan rumah dengan skor tipis 2-1.

Dua gol Laskar Sapeh Kerrab dicetak oleh Beto Goncalves pada menit ke-6 dan 23. Sedangkan gol balasan Persebaya dicetak oleh Damian Lizio pada menit ke-20. Hasil tersebut membuat Madura United unggul agregat 3-2 atas Persebaya dan berhak melaju ke semifinal Kratingdaeng Piala Indonesia.