Liga Indonesia

Detik-detik Amido Balde Dilanggar di Kotak Penalti yang Berbuah Kerugian Persebaya

Kamis, 27 Juni 2019 18:05 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Sebuah keputusan mengejutkan diambil oleh wasit Dodi Setia Purnama yang memimpin jalannya pertandingan leg kedua babak perempatfinal Kratingdaeng Piala Indonesia 2019 antara Madura United menjamu Persebaya, Kamis (27/6/19).

Keputusan mengejutkan itu terjadi pada menit ke-66 ketika ia tidak memberikan tendangan penalti kepada Persebaya setelah Amido Balde dilanggar di dalam kotak penalti oleh kiper Madura United, Muhammad Ridho.

Balde yang menerima umpan terobosan ke arah kotak penalti Madura United mencoba mengejar bola. Namun ia disergap oleh Ridho yang melancarkan sliding tackle pada pemain bernomor punggung sembilan tersebut.

Dari tayangan ulang, duel Balde vs Ridho terlihat terjadi di dalam kotak penalti. Kaki kanan Ridho menerjang Balde yang berlari mengejar bola. Akibat sergapan itu, penyerang berpaspor Guinea-Bissau itu pun terjatuh di dalam kotak penalti Madura United.

Namun, wasit Dody Setya Purnama menganggap pelanggaran yang dilaukan Ridho kepada Balde terjadi di luar kotak penalti. Ia pun tak menggubris protes yang dilancarkan oleh para pemain Persebaya.

Wasit asal Indramayu itu hanya memberikan tendangan bebas di ujung kotak penalti kepada Persebaya dan mengganjar Muhammad Ridho dengan kartu kuning. Meski sempat terjadi friksi antar pemain kedua tim, namun laga Madura United menjamu Persebaya bisa dilanjutkan kembali.

Pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan tersebut akhirnya dimenangkan oleh Madura United dengan skor 2-1.

Dua gol Laskar Sapeh Kerrab dicetak oleh Beto Goncalves pada menit ke-6 dan 23. Sedangkan gol balasan Persebaya dicetak oleh Damian Lizio pada menit ke-20. Hasil tersebut membuat Madura United unggul agregat 3-2 atas Persebaya dan berhak melaju ke semifinal Kratingdaeng Piala Indonesia.