Bola Internasional

Martinique, Timnas Mungil di Gold Cup 2019 yang Tidak Diakui FIFA

Kamis, 27 Juni 2019 15:32 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
© ussoccer.com
Timnas Martinique, negara kecil yang tak diakui FIFA Copyright: © ussoccer.com
Timnas Martinique, negara kecil yang tak diakui FIFA

INDOSPORT.COM - Berikut profil dan sejarah singkat Martinique, timnas mungil di ajang Gold Cup 2019 yang tak diakui federasi FIFA.

Pada gelaran Piala Emas atau Golden Cup 2019 kali ini, sejumlah kejutan dan fakta menarik berhasil terjadi termasuk dari para kontestan yang tampil selama babak penyisihan grup.

Salah satu fakta menarik tersebut datang Timnas Martinique, sebuah negara kecil yang sampai saat ini belum diakui oleh induk sepak bola dunia, FIFA. Lantas seperti apa kiprah negara bagian Prancis tersebut di dunia sepak bola?

Martinique sendiri merupakan salah satu wilayah yang masuk kedalam negara bagian Prancis. Negara dengan populasi 376.480 jiwa per Januari 2016 ini, terletak di daerah Lesser Antilles di timur Laut Karibia.

Meski berada jauh dari Prancis, namun Martinique sampai saat ini masih menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi mereka dan menggunakan mata uang euro sebagai alat tukar.

Menjadi bagian dari Prancis, membuat FIFA akhirnya tidak mengakui Martinique sebagai bagian dari anggota resmi mereka.

Namun meski FIFA tak mengakui, Timnas Martinique masih diakui oleh federasi lokal tempat negara tersebut berada yakni CONCACAF (Amerika Utara) dan CFU (Karibia).

Dengan diakuinya Martinique di zona CONCACAF dan CFU, membuat mereka berhak tampil di ajang Piala Emas serta CFU Caribbean Cup.

Pada ajang Piala Emas atau Golden Cup 2019 kali ini misalnya, Martinique berhasil tampil di babak penyisihan grup meski akhirnya mereka harus puas duduk diperingkat ketiga klasemen akhir Grup A.

Kiprah Timnas Martinique di dunia sepak bola sendiri sejatinya cukup mentereng, setidaknya di zona CONCACAF dan CFU. Di mana Les Matinino berhasil meraih satu gelar juara Caribbean Cup, serta tampil enam kali dalam ajang Gold Cup.

Bahkan di salah satu penampilannya dalam Golden Cup tahun 2002 lalu, Timnas Martinique pernah melangkah sampai babak perempat final.

Walau terbilang tim kecil bahkan mungkin negara antah berantah, Martinique nyatanya pernah melahirkan beberapa pemain bintang sepak bola dunia.

Beberapa di antara pemain terkenal yang diketahui berasal dari Martinique antara lain, Eric Abidal, Loic Remy, Frédéric Piquionne, Sylvain Marveaux, Gaël Clichy, William Vainqueur, Nicolas Anelka, Julien Faubert, Jonathan Zebina, Jimmy Briand, dan Thierry Henry.