Bola Internasional

AFF Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Bersama di Piala Dunia 2034

Jumat, 28 Juni 2019 17:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Bendera Indoesia dan trofi Piala Dunia Copyright: © INDOSPORT
Bendera Indoesia dan trofi Piala Dunia

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara, AFF memberikan dukungan para pimpinan negara ASEAN untuk menjadi tuan rumah bersama pada Piala Dunia FIFA 2034. Hal itu tak lepas dari rencana pencalonan Indonesia dan Australia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth mengatakan bahwa negara di ASEAN punya kans karena merupakan salah satu kawasan ekonomi terbesar di Asia dan bisa sukses menggelar event tersebut, apalagi masa persiapan cukup panjang.

"AFF menyambut baik bahwa para pemimpin di negara-negara kawasan ASEAN telah menjanjikan dukungannya untuk mengajukan tawaran menjadi tuan rumah bersama pada proses bidding Piala Dunia FIFA 2034," katanya sesuai rilis resmi AFF.

"Saya melihat bahwa ASEAN secara kolektif merupakan kawasan ekonomi terbesar ketiga di Asia dan terbesar ketujuh di dunia, memiliki potensi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA yang sukses".

"Event tersebut akan menghasilkan manfaat perkembangan ekonomi dan olahraga ke arah yang lebih baik di wilayah ini, juga akan memperkuat ikatan bagi 640 juta orang," imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Wakil Presiden AFF yang juga Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria. Ia menyatakan dukungan tersebut menunjukan semangat dan visi yang kuat dari negara kawasan ASEAN. Inisiasi untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034 sebelumnya sudah dideklarasikan pada pertemuan AFF di Bali pada tahun 2018 lalu. 

Sementara itu, Ketua ASEAN, Jenderal Prayuth Chan o-cha mengungkapkan bahwa 10 negara anggota ASEAN sepakat untuk meluncurkan upaya bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada 2034. Gagasan itu diusulkan kepada para pemimpin regional pada KTT ASEAN ke-34 di Thailand kemarin.

"Saya ingin memberi tahu orang-orang ASEAN bahwa hari ini, para pemimpin mendukung keinginan bersama ASEAN untuk mengembangkan upaya bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada tahun 2034," ucapnya