Liga Europa

Resmi! AC Milan Terdepak dari Liga Europa Musim 2019/20

Jumat, 28 Juni 2019 18:53 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Skuat AC Milan dikabarkan tidak akan mengikuti kejuaraan Liga Europa 2019/20. Copyright: © Getty Images
Skuat AC Milan dikabarkan tidak akan mengikuti kejuaraan Liga Europa 2019/20.

INDOSPORT.COM - Klub Serie A Italia, AC Milan tidak akan berlaga di Liga Europa musim 2019/20 karena terjegal kasus Financial Fair Play (FFP).

AC Milan finis di peringkat 5 klasemen akhir Serie A. Berkat hasil itu mereka dipastikan bermain di Liga Europa musim depan, di mana mereka akan langsung lolos ke fase grup Liga Europa musim depan. 

Namun, skuat asuhan Marco Giampaolo harus mengubur keinginannya berlaga di salah satu kompetisi paling bergenmgsi di Eropa tersebut.

Seperti diumumkan pada Jumat (28/06/19), Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) memutuskan bahwa Diavolo dikeluarkan dari kompetisi karena manajemen Milan melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).

"AC Milan dicoret dari daftar peserta Liga Europa musim depan karena terbukti melanggar aturan Financial Fair Play (FFP) selama 2015/2016/2017 dengan periode pemantauan 2016/2017/2018," begitu bunyi pernyataan CAS, dilansir dari laman berita sepak bola Football Italia

"Keputusan yang dikeluarkan Mahkamah Adjudikasi Badan pengawasan keuangan klub-klub UEFA dengan nomor AC-05/2018 di tanggal 20 November dikesampingkan."

Hal itu membuat Torino yang finis di posisi ke 7 mampu berlaga di Liga Europa namun harus melalui babak kualifikasi. Pasalnya, tempat Milan sudah digantikan AS Roma yang finis satu peringkat di bawahnya.

Dengan terdepaknya AC Milan dari Liga Europa 2019/20, maka kompetisi kasta kedua Benua Biru tersebut secara tidak langsung akan kehilangan sosok hebat Gianluigi Donnarumma, yang kerap menampilkan penyelamatan gemilang di bawah mistar gawang I Rossoneri.

Selain itu, AC Milan juga berpotensi kehilangan dua pemain hebat mereka karena gagal tampil di kancah Eropa. Kedua pemain hebat itu adalah Suso dan Hakan Calhanoglu, yang kerap membantu Milan di masa-masa kritis.

Terlebih dalam diri Hakan Calhanoglu, sosok pemain yang kerap menciptakan gol-gol spektakuler untuk kubu AC Milan. Kehilangan dirinya merupakan pekerjaan yang berat untuk manajemen Setan Merah dalam mencari penggantinya.