Liga Indonesia

3 Pekerjaan Rumah yang Harus Dibereskan Robert Rene Alberts Jelang Persib vs Bhayangkara

Sabtu, 29 Juni 2019 13:35 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts saat memimpin latihan di Lapangan Saraga ITB, Kota Bandung, Rabu (26/06/2019). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts saat memimpin latihan di Lapangan Saraga ITB, Kota Bandung, Rabu (26/06/2019).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung lagi-lagi meraih hasil imbang di pertandingan keempat Liga 1 2019. Maung Bandung ditahan imbang 1-1 oleh Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (23/06/19) sore WIB. 

Ini adalah hasil imbang ketiga Persib dari empat laga awal. Setelah menang 3-0 atas Persipura di pekan pertama, Persib meraih tiga hasil imbang beruntun.

Suporter pun mulai gelisah. Padahal Persib telah mendatangkan pemain-pemain bintang seperti Rene Mihelic, Achmad Jufriyanto, dan Arthur Gevorkyan.

Pekerjaan rumah pun ada di pundak pelatih Maung Bandung, Robert Rene Alberts. Robert Rene wajib melakukan perbaikan agar Persib terhindar dari hasil imbang dan meraih kemenangan. 

Berikut ini kami rangkum tiga pekerjaan rumah yang harus dibereskan Robert Rene Alberts di laga lawan Bhayangkara. 

Finishing Touch

Finishing touch masih jadi penyakit buruk Persib yang belum berubah hingga pertandingan keempat. 

Supardi Nasir dkk. masih kurang maksimal dalam penyelesaian akhir pada dua laga terdahulu sehingga Persib harus puas meraih hasil imbang kontra Tira-Persikabo (1-1) dan Madura United (1-1).

Pada laga melawan Madura, Minggu (23/06/19) lalu, Maung Bandung mendapat banyak peluang beruntun yang gagal dimaksimalkan dengan baik. 

Pada menit ke-30, Artur Gevorkyan memperoleh kesempatan emas lewat sepakan keras, tetapi masih bisa ditepis M. Ridho.

Dua menit berselang, Persib Bandung mendapatkan dua peluang beruntun. Tembakan jarak dekat Frets Butuan berhasil dimentahkan M. Ridho, sementara peluang Ezechiel masih menyamping di sisi kiri gawang Madura United.

Penyelesaian lini depan Persib masih kurang 'dingin' sehingga mudah dimentahkan. Robert Rene pun wajib memperbaiki finishing touch pemainnya jika ingin meraih kemenangan lawan Bhayangkara FC. 

Variasi Striker

Kabar terbaru menyebutkan striker Persib, Ezechiel N'douassel masih belum sepenuhnya fit untuk laga lawan Bhayangkara usai mengalami cedera di pertandingan melawan Madura United. 

Ini kesempatan bagi Robert Rene untuk melakukan variasi di ujung tombak. Persib sendiri masih memiliki striker muda seperti Muchlis Hadi dan Wildan Ramdani.

Jika masih ragu dengan Muchlis Hadi dan Wildan, Robert bisa jadikan Arthur Gevorkyan sebagai ujung tombak. 

Lagipula, Ezechiel N'douassel tergolong mandul di awal Liga 1 2019 ini karena hanya mencetak satu gol. Itu pun melalui titik putih. 

Konstentrasi Akhir Laga

Inilah penyakit Persib lainnya yang mesti dibereskan oleh Robert Rene Alberts. Tim Maung Bandung sering kehilangan konsentrasi di akhir laga. 

Hal ini tercermin dari hasil laga melawan PS Tira Persikabo dan Madura United. Di dua laga itu, Persib harus kebobolan pada menit-menit akhir sehingga memaksa hasil imbang 1-1. 

Kebobolan menit terakhir memang lazim di sepak bola, namun jika diantisipasi dengan konsentrasi dan match development yang baik, seharusnya Persib bisa menghindarinya.