Bola Internasional

Curacao, Negara Jajahan Belanda Berperingkat Jauh di Atas Indonesia

Sabtu, 29 Juni 2019 19:29 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
© Stars and Stripes FC
Timnas Curacao di CONCACAF Gold Cup 2019. Foto: Stars and Stripes FC Copyright: © Stars and Stripes FC
Timnas Curacao di CONCACAF Gold Cup 2019. Foto: Stars and Stripes FC

INDOSPORT.COM – Sebagai sesama bekas negara jajahan Belanda, Indonesia dan Curacao punya prestasi berbeda di bidang olahraga sepak bola.

Curacao baru saja mencetak sejarah lolos ke perempatfinal CONCACAF Gold Cup untuk pertama kalinya. Gol pertama Curacao di Gold Cup juga dicetak pada tahun 2019 ini.

Lolosnya Curacao ke perempatfinal tidak lepas dari kerja keras dan keberuntungan. Usai kalah 0-1 dari El Savador, Curacao tampaknya akan terpuruk.

Akan tetapi, Curacao bangkit di laga berikutnya melawan Honduras. Gol pemain Cardiff City, Leandro Bacuno, merupakan gol pertama bagi Curacao di Gold Cup dan berkat pertahanan solid mereka menang 1-0.

Di laga pamungkas, Curacao imbang 1-1 melawan Jamaika lewat gol dramatis Jurien Gaari pada menit ke-93. Curacao terbantu dengan kemenangan 4-0 Honduras atas El Savador dan membuat mereka lolos sebagai runner up grup C bersama Jamaika.

Keberhasilan Curacao menembus perempatfinal tidak hadir begitu saja bak permainan sulap. Di masa lalu, Belanda banyak memberikan sumbangsih kepada sepak bola Curacao.