Liga Indonesia

Bayu Gatra: Rekrutan Spesial yang Kini Menjadi Penghangat Bangku Cadangan PSM Makassar

Senin, 1 Juli 2019 09:00 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - PSM Makassar mendatangkan lima pemain lokal baru pada bulan bursa transfer awal musim 2019. Kelima pemain itu adalah Taufik Hidayat dari Bali United dan empat pemainnya dari Madura United yakni Herry Prasetyo, Munhar, Beni Wahyudi, dan Bayu Gatra.

Dari semua pemain yang direkrut PSM Makassar musim ini termasuk dua pemain asing, hanya Bayu Gatra yang diikat kontrak selama dua tahun. Kebijakan transfer manajemen Juku Eja tersebut sempat mengundang pro kontra dikalangan suporter.

Mereka menilai jika PSM merekrut pemain buangan Laskar Sappe Kerab yang pada musim ini jor-joran membeli pemain berlabel bintang. Dari lima pemain Madura United itu hanya, Bayu Gatra sajalah yang dianggap layak disebut sebagai rekrutan terbaik.

"Siapa itu yang lain?, cuma Bayu yang saya tahu," ujar seorang suporter yang hadir dalam acara perkenalan pemain baru PSM di Hotel Arya Duta beberapa bulan lalu.

Bukan tanpa sebab, nama Bayu memang sudah tak asing di telinga para pencinta sepak bila tanah air. Dia pernah menjadi bagian dari Tim Nasional (Timnas) Indonesia pada Piala AFF 2016. Selain itu, namanya juga pernah melejit dalam beberapa tahun terakhir. Dia permah disebut-sebut sebagai calon penerus Andik Vermansah.

Terlepas dari semua itu, pemain kelahiran Jember tahun 1992 itu kini telah menjadi bagian dari PSM Makassar. Dia memilih berlabuh ke PSM dan meninggalkan Madura United yang telah ia bela selama tiga musim.

Sayangnya pada musim ini, Bayu yang mengenakan nomor punggung 23 tersebut baru tampil sebanyak 11 kali dari 20 pertandingan PSM Makassar di Piala Presiden 2019, Kratingdaeng Piala Indonesia, Piala AFC 2019, dan Shopee Liga 1 2019. Dia jarang mendapat kesempatan sebagai starter.

Nama Bayu Gatra akhir-akhir ini juga menjadi sorotan di kalangan suporter. Sebab pemain yang berhasrat mempersembahkan gelar juara bagi PSM Makassar akan bertemu Madura United tiga kali berturut-turut dalam kurun waktu delapan hari. Namun, sang pelatih sepertinya belum memberi lampu hijau apakah Bayu akan diturunkan atau tidak. 

Melihat Bayu Gatra menjadi pemain yang paling disoroti hingga satu pekan ke depan, INDOSPORT.com mencoba mengulik cerita kepindahannya ke PSM Makassar hingga kekecewaannya yang sering diparkir. Berikut petikan wawancara dengan pemain kelahiran Jember, 12 November 1992, Sabtu (29/06/19).

1