Bola Internasional

Starting XI Paling Bernilai di Dunia, Nama Cristiano Ronaldo Hilang

Senin, 1 Juli 2019 06:03 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Rafif Rahedian
© TF-Images/GettyImages
Nama Cristiano Ronaldo tidak termasuk dalam starting XI khusus para pemain termahal. Copyright: © TF-Images/GettyImages
Nama Cristiano Ronaldo tidak termasuk dalam starting XI khusus para pemain termahal.

INDOSPORT.COM - Salah satu badan jaringan global, KPMG baru-baru ini merilis starting XI dari beberapa pemain sepak bola tingkat dunia. Anehnya nama Cristiano Ronaldo tidak masuk dalam susunan ini.

Dilansir laman berita Foxsportsasia, Pihak KPMG mencoba menyusun versi starting XI berdasarkan nilai jual para pemain sepak bola.

Susunan pemain ini sendiri berdasarkan nilai jual termahal dari para pemain sepak bola tingkat dunia. Nama-nama besar seperti Alisson Becker, Virgil van Dijk dan Paul Pogba muncul dalam starting XI versi KPMG ini.

Hilangnya nama Ronaldo, membuat posisi tersebut digantikan oleh Lionel Messi, Neymar dan Kylian Mbappe. Ketiga pemain ini sendiri memiliki nilai jual yang melebihi striker Juventus itu.

Dilansir situs Transfermarkt, Ronaldo musim ini hanya bernilai 90 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun. Harga ini sendiri kalah saing dibandingkan Messi (Rp3 triliun), Neymar (Rp3,1 triliun), dan Mbappe (Rp3,6 triliun).

Kisaran harga yang terlampau jauh menjadi penyebab utama nama Ronaldo tidak masuk dalam susunan pemain paling bernilai yang menggunakan formasi 4-3-3 ini. Posisi lini serang diisi oleh Messi di sayap kanan dilengkapi dengan Mbappe sebagai ujung tombak dan Neymar si sayap kiri.

Posisi gelandang diisi oleh dua pemain Timnas Prancis yakni Paul Pogba dan N'Golo Kante. Sementara posisi gelandang ketiga akan diisi Kevin de Bruyne yang cukup ahli memberikan assist dalam beberapa laga bersama Manchester City.

Lini pertahanan akan diperkuat bek-bek yang cukup tangguh yang sebagian besar berasal dari Liverpool. Ketiga bek ini ialah, Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, dan Robertson. Kehadiran bek Real Madrid Raphael Varane melengkapi lini ini.

Kehadiran kiper The Reds, Allison Becker melengkapi susunan starting XI ini. Aksi heroiknya sendiri cukup mengesankan ketika berhasil melakukan 27 penyelamatan di 51 laga. Selain itu dirinya juga sempat mengantarkan Liverpool menjuarai Liga Champions 2018/19.

Kehadiran para pemain termahal ini nampaknya cukup mampu membuat susunan tim impian. Meskipun kadang harga tidak terlalu menjadi tolak ukur kemampuan pesepakbola di lapangan.