Bola Internasional

PSSI-nya Malaysia: Mustahil 10 Negara ASEAN Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Selasa, 2 Juli 2019 15:51 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Ilsutrasi trofi Piala Dunia untuk di tahun 2034, dengan background Indonesia yang berpotensi menjadi tuan rumahnya. Copyright: © INDOSPORT
Ilsutrasi trofi Piala Dunia untuk di tahun 2034, dengan background Indonesia yang berpotensi menjadi tuan rumahnya.

INDOSPORT.COM - Presiden Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Hamidin Mohd Amin menyetujui pernyataan Ketua  Umum PSSI-nya Thailand, Somyot Poompunmuang yang menyatakan bahwa 10 Negara ASEAN tidak mungkin menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 secara bersamaan.

"Tidak mungkin 10 negara anggota ASEAN bersama-sama menjadi tuan rumah Piala Dunia. Mungkin hanya ada dua atau tiga negara saja," ujar Somyot baru-baru ini, dikutip dari Fox Sports Asia.

Pendapat tersebut rupanya diamini oleh Hamidin Mohd Amin. Presiden Asosiasi Sepak Bola Malaysia itu mengatakan bahwa anggota ASEAN akan menghadapi negara-negara dari Asia Timur, seperti Jepang dan Korea jika mereka turut mengajukan diri sebagai tuan rumah ajang olahraga paling bergengsi di dunia tersebut. 

"Perlu diingat, ketika beberapa negara menjadi tuan rumah Piala Dunia, sebagai contoh Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko untuk edisi 2026, mereka tentu layak dan memenuhi syarat."

"Sementara itu, tidak semua negara ASEAN memenuhi syarat dan tidak mungkin bagi 10 negara mengajukan tawaran bersama," ujar Hamidin Mohd Amin kepada New Straits Times.

Presiden FAM juga mengatakan bahwa mengajukan tiga atau empat negara untuk menjadi tuan rumah adalah opsi terbaik jika memang anggota ASEAN serius untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia

"Ide ini sangat bagus tapi tidak mudah untuk bisa lolos menjadi tuan rumah Piala Dunia. Beberapa netizen mungkin berpikir bahwa Malaysia tidak bisa lolos Piala Dunia dengan kualifikasi. Sehingga, mereka berpikir ada kemungkinan besar Malaysia bisa menjadi tuan rumah demi berpartisipasi di Piala Dunia," imbuhnya. 

Di akhir wawancara, Mohd Amin juga menyangkal bahwa negaranya, Malaysia, 'memaksa' untuk terlibat di Piala Dunia 2034 nanti.

Sedangkan Indonesia sendiri, dikabarkan telah mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama dengan Australia.