Liga Indonesia

6 Fakta Setelah Madura United Taklukan PSM Makassar di Pekan ke-6 Liga 1 2019

Jumat, 5 Juli 2019 15:36 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© [email protected]_makassar
Selebrasi pemain PSM Makassar,  Zulham Zamrun pada laga Kratingdaeng Piala Indonesia, Minggu (30/06/2019). Foto: Instagram@psm_makassar Copyright: © Instagram@psm_makassar
Selebrasi pemain PSM Makassar, Zulham Zamrun pada laga Kratingdaeng Piala Indonesia, Minggu (30/06/2019). Foto: [email protected]_makassar

INDOSPORT.COM - Super Big Match antara Madura United vs PSM Makassar di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Madura, dimenangkan tuan rumah dengan skor 2-0 pada pekan keenam Shopee Liga 1 2019, Kamis (04/07/19). Ada setidaknya 6 fakta usai kekalahan PSM di tangan tuan rumah.

Dua gol kemenangan Laskar Sape Kerrab hasil gol bunuh diri dua penggawa Juku Eja yakni Beny Wahyudi di menit 27 dan Aaron Evans di menit 62.

Atas kemenangan tersebut, Madura United melompat dua tingkat ke posisi dua dengan 13 poin sedangkan PSM Makassar tetap di posisi 8 dengan 7 poin klasemen sementara Shopee Liga 1 2019.

Pasca Super Big Match yang menutup pekan keenam Shopee Liga 1 2019, INDOSPORT mencoba mengangkat enam fakta yang terjadi setelah laga tersebut.

1. Cleansheet
Gol bunuh diri Beny Wahyudi di menit 27 membuat catatan 100 persen tidak kebobolan PSM Makassar di Shopee Liga 1 2019 runtuh. Gol pemain berusia 32 tahun tersebut juga memutus torehan tidak kebobolan pada 5 pertandingan terakhir di kompetisi lokal.

Perlu diketahui, Rivky Mokodompit tidak kebobolan pada tiga pertandingan di Shopee Liga 1 2019 saat melawan Semen Padang, Perseru Badak Lampung, dan Tira Persikabo. Sedangkan dua pertandingan lain pada Kratingdaeng Piala Indonesia melawan Bhayangkara FC (leg kedua perempat final) dan Madura United (leg pertama semifinal).

Sementara itu, gawang Madura United telah kebobolan sedari pekan pertama Shopee Liga 1 2019 melawan Persela Lamongan meski pada akhirnya mampu menggebuk Laskar Joko Tingkir dengan skor 5-1.

2. Gol Bunuh Diri
Gol bunuh diri Beny dan Evans pada laga malam tadi merupakan yang ketiga dan keempat yang terjadi di musim ini. Selain itu, Super Big Match malam tadi merupakan laga pertama di musim ini yang menghasilkan dua gol bunuh diri sekaligus.

Bagi Juku Eja sendiri, terakhir kali gawangnya dibobol pemain sendiri terjadi pada pekan 31 Liga 1 2018 melawan Persija Jakarta. Kala itu, Abdul Rahman membobol gawang sendiri setelah salah mengantisipasi tendangan bebas.

3. Kekalahan Pertama PSM Makassar
Madura United menjadi klub pertama yang memberikan kekalahan bagi PSM Makassar di Shopee Liga 1 2019. Alhasil, hingga pekan keenam ini hanya menyisakan Bali United, Madura United, dan Tira Persikabo yang belum terkalahkan. Ketiganya pun secara berurutan mengisi tiga teratas klasemen sementara.

4. Sapu Bersih Laga Kandang
PSM Makassar menjadi korban kandang kelima Los Galacticos Indosia pada dua kompetisi resmi yang diikuti musim ini. Sebelumnya mereka menaklukkan Cilegon United (2-0), Sriwijaya FC (5-0), dan Persebaya Surabaya (2-1) pada Kratingdaeng Piala Indonesia serta Borneo FC (3-0) pada Shopee Liga 1 2019.

5. Rekor Buruk PSM Makassar di Madura
Juku Eja belum mampu mengakhiri rekor buruknya ketika bermain di Madura. Sejak musim 2016, mereka telah menantang Madura United empat kali (termasuk laga malam tadi) dan semuanya berakhir dengan kekalahan.

PSM Makassar bahkan hanya mampu mencetak satu gol dan kebobolan 10 gol. Pada ISL 2014, PSM Makassar menantang klub Madura lain yakni Persepam Madura dimana laga tersebut juga berakhir kekalahan 0-1 bagi klub asal Sulsel tersebut.

6. Gagal Penalti
Gelandang PSM Makassar, Marc Klok, gagal mengeksekusi hadiah penalti pada menit 88 pada laga malam tadi. Kegagalan tersebut merupakan yang kedua kali bagi calon pemain naturalisasi tersebut setelah sebelumnya gagal mengeksekusi penalti melawan Lao Toyota FC di Piala AFC 2019.

Penulis: Adriyan Adirizky.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%