Bola Internasional

Cuma Seorang Kiper, Alisson Pesimistis Bisa Menang Ballon d'Or

Sabtu, 6 Juli 2019 19:10 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Penjaga gawang Liverpool sekaligus Timnas Brasil, Alisson Becker, pesimistis meraih penghargaan Ballon d'Or. Copyright: © Getty Images
Penjaga gawang Liverpool sekaligus Timnas Brasil, Alisson Becker, pesimistis meraih penghargaan Ballon d'Or.

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Liverpool sekaligus Timnas Brasil, Alisson Becker, pesimistis bisa meraih penghargaan bergengsi Ballon d'Or.

Selama ini, penghargaan Ballon d'Or selalu didominasi oleh pemain-pemain yang memiliki bakat mencetak gol seperti striker atau gelandang, dan sangat jarang seorang kiper menerima penghargaan seperti itu.

Bahkan, kandidat terkuat Ballon d'Or 2019 juga diisi oleh nama-nama yang sudah tak asing lagi di telinga kita, seperti Lionel Messi, Mohamed Salah, Sergio Aguero, Raheem Sterling, dan lain-lain.

Hal itulah tampaknya yang membuat Alisson tak percaya diri bahwa ia juga memiliki kesempatan yang sama dengan pemain lain untuk menerima penghargaan bergengsi tersebut.

"Saya hanya melakukan apa yang sudah ditugaskan pada saya, yaitu menjaga gawang, ada banyak pemain kelas dunia yang sudah mengantre mendapatkan penghargaan itu. Saya ini cuma sekadar penjaga gawang," ujar Alisson, dilansir dari laman portal berita olahraga Give Me Sport.

Padahal, pada tahun 1963, pernah ada seorang penjaga gawang dari klub Dynamo Moscow yang berhasil meraih Ballon d'Or. Ini merupakan suatu bukti bahwa penjaga gawang pun juga berpeluang untuk meraih Ballon d'Or.

Secara statistik, Alisson Becker telah memiliki catatan 38 clean sheets untuk Liverpool dan Brasil pada 2018/19 yang lalu. Sementara di Liga Primer Inggris 2018/19 sendiri, kiper berusia 26 tahun tersebut sukses melakukan clean sheets 21 kali.

Prestasi itulah yang membuatnya menjadi pemain keenam yang diunggulkan untuk memenangkan Ballon d'Or 2019 di bawah Sadio Mane, Mo Salah, dan Virgil van Dijk.