Bola Internasional

Pelatih Timnas Mesir Ungkap Alasan Mo Salah Layak Menang Ballon d'Or 2019

Sabtu, 6 Juli 2019 16:45 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© AP
Pelatih Timnas Mesir, Javier Aguirre, mendukung Mohamed Salah meraih Ballon d'Or 2019. Copyright: © AP
Pelatih Timnas Mesir, Javier Aguirre, mendukung Mohamed Salah meraih Ballon d'Or 2019.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Mesir, Javier Aguirre, mengungkap alasan mengapa Mohamed Salah layak mendapatkan penghargaan Ballon d'Or 2019.

Mo Salah memang menjadi salah satu pemain paling sering dibicarakan, khususnya pada tahun 2019 ini. Bersama Liverpool, ia berhasil menjuarai Liga Champions 2018/19.

Di Liga Primer Inggris 2018/19, striker berusia 27 tahun itu juga sukses mengantarkan The Reds menjadi pemuncak klasemen top skor dengan 22 gol bersama Pierre-Emerick Aubameyang dan Sadio Mane.

Di Piala Afrika 2019, Salah juga telah membantu Timnas Mesir untuk lolos ke babak 16 besar dengan dua golnya saat laga melawan Kongo dan Uganda pada laga penyisihan grup.

Hal tersebut tampaknya membuat Aguirre yakin bahwa salah satu striker terbaik di dunia itu akan mampu membawa pulang penghargaan bergengsi Ballon d'Or seperti dilansir dari laman portal berita olahraga Team Talk.

"Saya melihat dia berjuang sangat keras untuk memenangkan Ballon d'Or. Kenapa tidak? Dia telah memenangkan Liga Champions bersama Liverpool," ujar sang pelatih.

"Jika dia mampu memimpin Mesir menjuarai Piala Afrika 2019, tidak akan ada seorang pun yang bisa menghalanginya untuk meraih Ballon d'Or," pungkasnya.

Meski Salah memiliki segudang prestasi dan kemampuan mengolah bola dengan baik, bukan berarti ia akan mudah meraih Ballon d'Or. Ia tentu harus bersaing dengan nama-nama pemain sepak bola kelas dunia lainnya seperti Lionel Messi, Virgil van Dijk, dan lain-lain.

Mohamed Salah sendiri hanya mampu berada di peringkat keenam dalam perebutan penghargaan tersebut pada gelaran tahun 2018 dengan 188 poin. Ia dikalahkan oleh Luka Modric, Cristiano Ronaldo, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, dan Lionel Messi.