In-depth

Liga 1 2019: Yang Muda yang Berkuasa?

Sabtu, 6 Juli 2019 16:17 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Eli Suhaeli/INDOSPORT/Shopee Liga 1
Logo Liga 1 2019. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT/Shopee Liga 1
Logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM – Memasuki pekan ketujuh kompetisi Shopee Liga 1 2019, kejutan demi kejutan terus ditampilkan sejumlah klub dalam klasemen sementara. Kesenjangan antara peringkat teratas dan penghuni papan bawah klasemen begitu nampak hingga menimbulkan pertanyaan, ada apa dengan sepak bola Indonesia?

Ya, sejak awal memang Bali United dan Madura United diprediksi akan menjadi calon kuat juara musim ini, mengingat dua klub tersebut memiliki materi pemain berkualitas dan pengalaman dari masing-masing pelatih.

Wajar jika saat ini Serdadu Tridatu dan Laskar Sapeh Kerrab masih tak terkalahkan di Liga 1, dan bertengger di puncak klasemen dengan raihan poin mendekati sempurna. Status keduanya sebagai klub ‘pendatang baru’ di Liga Indonesia menegaskan jika manajemen serius dalam membina dan mengembangkan klubnya masing-masing.

Bali United yang sebelumnya bernama Persisam Putra Samarinda dan merger pada tahun 2015, terus melakukan terobosan mulai dari pembenahan stadion hingga merilis saham terbuka untuk publik pada Juni 2019 lalu.

Lain halnya dengan Madura United, klub asal Jawa Timur yang sebelumnya merger dengan Bandung Raya pada tahun 2015, kini menjadi salah satu tim kuat dengan deretan pemain bintang yang didatangkan untuk musim 2019.

Modal tersebut menjadikan skuat besutan Stefano Cugurra tak terkalahkan di enam laga, dan meraih lima kemenangan dengan satu hasil imbang. Sementara Greg Nwokolo dan kawan-kawan juga belum merasakan kekalahan musim ini setelah memenangkan empat dari lima pertandingan Liga 1.

Jika menilik peringkat selanjutnya yang dihuni Tira Persikabo dan Bhayangkara FC, tak dapat disangkal jika keduanya juga merupakan ‘pendatang baru’ di Liga 1. Namun kini dua tim yang bermarkas di Bogor dan Bekasi itu mampu menunjukkan kualitasnya di kompetisi sepak bola tertinggi Tanah Air.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%