Liga Indonesia

Persebaya, Bonek dan Gelora Bung Tomo yang Tak Lelah Mencetak Rekor

Sabtu, 6 Juli 2019 15:19 WIB
Editor: Juni Adi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Koreografi dari Bonek di laga Shopee Liga 1 antara Persebaya vs PSIS Semarang, Kamis (30/05/2019). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Koreografi dari Bonek di laga Shopee Liga 1 antara Persebaya vs PSIS Semarang, Kamis (30/05/2019).

INDOSPORT.COM - Duel seru antara Persebaya Surabaya vs Persib Bandung dalam laga lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-7, pada Jumat (05/07/19) rupanya melahirkan sebuah rekor.

Berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Persebaya sukses mengilas Persib dengan skor 4-0. Masing-masing gol dicetak oleh Amido Balde (3 gol) dan Irfan Jaya.

Kemenangan Bajul Ijo terasa lengkap, setelah mereka berhasil memecahkan rekor penonton terbanyak dalam satu pertandingan selama Liga 1 2019 ini, dengan jumlah 50 ribu penonton yang hadir di laga Persebaya vs Persib kemarin.

Itu bukanlah kali pertama Persebaya dan Bonek memecahkan rekor penonton terbanyak di Liga 1. Musim lalu, tim besutan Djajang Nurdjaman ini juga berada di urutan teratas sebagai klub dengan penonton kandang terbanyak.

Total Stadion Gelora Bung Tomo telah menampung 485.231 penonton dari 17 kali menggelar laga kandang di Liga 1 musmi 2018 lalu. Konsistensi Bonek datang ke stadion untuk mendukung langsung tim kebanggannya berlanjut musim ini.

© www.persebaya.id
Stadion Gelora Bung Tomo yang dihadiri ribuan Bonek, untuk mendukung Persebaya bertanding di Liga 1. Copyright: www.persebaya.idStadion Gelora Bung Tomo yang dihadiri ribuan Bonek, untuk mendukung Persebaya bertanding di Liga 1. (www.persebaya.id)

Pencapian tersebut membuat Persebaya mengucapkan terima kasih kepada para suporter setianya melalui akun Instagram ofisialnya pada Sabtu (06/07/19).

"Terima kasih Bonek, Bonita! Terima kasih atas kunjungannya dulur @persib_official hati-hati di jalan, tunggu kami di Bandung. Persebaya-Persib seduluran saklawas e," tulis akun @officialpersebaya.

Berpeluang Dipatahkan Persija dan The Jakmania

Rekor jumlah penonton laga kandang terbanyak milik Persebaya bisa saja dipatahkan oleh Persija Jakarta bersama suporter setianya, The Jakmania.

Sebab, tim berjuluk Macan Kemayoran itu memiliki stadion kandang dengan kapasitas cukup besar, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang bisa menampung hingga 78 ribu penonton.

Sayangnya, Persija tidak bisa konsisten menggunakan SUGBK untuk laga kandang di Liga 1 karena berbagai alasan seperti sulitnya mendapat izin.

Sehingga membuat Bambang Pamungkas cs lebih sering menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, dengan kapasitas 30 ribu penonton dan Stadion Wibawa Mukti di Cikarang dengan kapasitas 30 ribu penonton.

© INDOSPORT/Zainal Hasan
Koreo The Jakmania di SUGBK. Copyright: INDOSPORT/Zainal HasanKoreo The Jakmania di SUGBK.

Hal itu sudah dibuktikan oleh Persija pada musim lalu. Ada sekitar tiga laga kandang di Stadion Utama GBK yang melampaui jumlah penonton laga kandang Persebaya.

Ketiganya adalah saat melawan Persela Lamongan (60.590 penonton), Arema FC (62.273), dan Mitra Kukar FC (68.873). 

Bahkan Persija juga menempati urutan kedua sebagai klub dengan jumlah penonton laga kandang terbanyak di Liga 1 2018 lalu, dengan 372.423 penonton. Diikuti oleh Persib sebanyak 272.291 penonton.

Rekor penonton laga Persebaya vs Persib berpotensi terpecahkan dalam beberapa hari ke depan. Pasalnya, duel big match antara Persija vs Persib direncanakan akan tersaji di Stadion Utama GBK, pada Rabu (10/07/19) nanti.