Bola Internasional

On This Day: Ketika Gerd Muller Bawa Jerman Barat Hancurkan Total Football di Piala Dunia 1974

Minggu, 7 Juli 2019 05:26 WIB
Editor: Coro Mountana
© ntvspor.net
Gerd Muller, legenda Jerman Barat Copyright: © ntvspor.net
Gerd Muller, legenda Jerman Barat

INDOSPORT.COM – Pada 7 Juli 1974 atau tepat 45 tahun yang lalu, Gerd Muller membuat sejarah dengan membawa Jerman Barat mengalahkan Belanda di final Piala Dunia 1974.

Di hadapan 75.200 penonton di stadion Olympiastadion, Munchen, tersaji salah satu partai final Piala Dunia terbaik sepanjang masa. Menjadi salah satu yang terbaik karena di dalam duel ini, filosofi total football sukses dihancurkan.

Belanda yang diasuh oleh pelatih legendarisnya, Rinus Michels membawa sebuah ideologi atau gaya main baru dalam sepak bola. Yaitu gaya total football yang sukses membawa Belanda hingga ke partai puncak dengan menyingkirkan negara kuat lainnya seperti Brasil.

Di awal laga, terdapat tanda-tanda sepertinya Belanda dengan total football-nya bakal meraih gelar Piala Dunia untuk yang pertama kalinya usai Johan Neeskens mencetak gol di menit ke-2. Beruntung bagi Jerman Barat, karena Paul Breitner sukses menyamakan kedudukan.

Skor 1-1 membuat laga Jerman Barat vs Belanda semakin menarik karena kedua tim sangat serius untuk mencetak gol kemenangannya. Belanda dengan filosofi total football, sedangkan Jerman Barat dengan kedisiplinan serta kekompakannya dalam menyerang ataupun bertahan.

Hingga akhirnya Gerd Muller hadir dengan mencetak gol di menit ke-43 untuk membawa Jerman Barat unggul 2-1 atas Belanda. Di babak kedua, Johan Cryuff bersama koleganya mati-matian mencetak gol penyama tapi hingga peluit panjang dibunyikan skor tetap 2-1.

Sejak saat itu juga, Gerd Muller langsung didapuk sebagai pahlawan Jerman Barat karena turut membantu mengalahkan salah satu tim terkuat saat itu, Belanda dengan total football. Ternyata Gerd Muller bukanlah sosok pemain sembarangan.

Torehan 68 gol hanya dalam 62 laga bersama Timnas Jerman Barat adalah pencapaian yang sangat luar biasa di mana rasio gol di setiap pertandingan dapat mencapai 1,09 gol. Untuk mengenang aksi gol-gol ajaib Gerd Muller, berikut INDOSPORT hadirkan kompilasi gol fenomenalnya.

Gerd Muller tak hanya menjadi legenda di Jerman Barat, ia juga merupakan sosok yang bersejarah bagi Bayern Munchen dengan gelimang gelar juara di kancah domestik dan Eropa.

Gerd Muller, adalah bomber maut Jerman Barat yang sukses menghancurkan impian Belanda dengan total football-nya.