Bola Internasional

Melacak Asal Darah Indonesia di Tubuh Keziah Veendorp, Bintang Eredivisie yang Siap Dinaturalisasi

Senin, 8 Juli 2019 15:23 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Erwin Otten/Soccrates/Getty Images
Pemain FC Emmen Keziah Veendorp yang memiliki darah keturunan Indonesia Copyright: © Erwin Otten/Soccrates/Getty Images
Pemain FC Emmen Keziah Veendorp yang memiliki darah keturunan Indonesia

INDOSPORT.COM - Melacak asal darah Indonesia di tubuh Keziah Veendorp, bintang muda Eredivisie yang siap dinaturalisasi dan bela Timnas Garuda.

Nama Keziah Veendorp mulai menjadi buah bibir di kalangan pecinta sepak bola Indonesia. Itu terjadi ketika dirinya mengaku ingin dinaturalisasi dan siap membela Timnas Indonesia.

Bahkan media olahraga Vietnam, Bongda, mengatakan jika Keziah menjadi salah satu pemain asing yang bakal dipanggil pelatih Indra Sjafri ke skuat Timnas Indonesia U-22 jelang Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 lalu.

Meski sampai sekarang pemain berusia 22 tahun tersebut belum sekalipun dipanggil Timnas, namun Keziah mengaku siap untuk menjadi WNI dan membela skuat Garuda.

"Saya ingin menjadi warga negara Indonesia dan membela Timnas. Tetapi saya masih harus mengurusi paspor saya terlebih dahulu," ucap Keziah Veendorp kepada redaksi INDOSPORT.

Sebelum resmi membela Timnas (jika proses naturalisasinya berjalan lancar), menarik untuk mengetahui asal darah Indonesia yang ada di dalam tubuh Keziah, serta kampung asli sang pemain jika ia kembali ke Tanah Air.

Kepada INDOSPORT, mantan kapten Timnas Belanda U-18 tersebut mengaku jika ia memiliki darah Indonesia yang berasal dari kakek dan neneknya.

Disebutkan jika kakek serta nenek Keziah Veendorp berasal dari Maluku, tepatnya dari Pulau Haria Saparua dan Porto Saparua. Sementara kedua orang tua Keziah merupakan warga Belanda asli.

"Kakek saya dari Haria Saparua, sedangkan nenek saya dari Puerto Saparua. Tapi, ibu saya lahir di Belanda dan ayah saya juga. Mereka orang Belanda asli." ucap Keziah.

Sebagai informasi, Saparua merupakan salah satu pulau yang cukup besar di Provinsi Maluku. Melansir dari data sensus, jumlah penduduk Pulau Haruku sampai dengan tahun 2010 lalu adalah sebanyak 30.967 jiwa, dan tersebar pada sebelas negeri adat yang terdapat di sepanjang pesisir pulau tersebut.

Maluku sendiri memang dikenal sebagai gudang para pemain sepak bola dunia. Beberapa pemain top Liga Indonesia yang lahir dari provinsi ini antara lain Alfin Tuasalamony, Ricardo Salampessy, Zulham Zamrun, dan Stefano Lilipaly.

1