Bola Internasional

Hasil Pertandingan Final Piala Emas CONCACAF Meksiko vs Amerika Serikat: Paman Sam K.O

Senin, 8 Juli 2019 10:08 WIB
Editor: Juni Adi
© Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Para pemain Meksiko saat merayakan gol kemenangan Copyright: © Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Para pemain Meksiko saat merayakan gol kemenangan

INDOSPORT.COM - Duel seru tersaji di laga final Piala Emas CONCACAF 2019 antara Meksiko vs Amerika Serikat pada Senin (08/07/19) pagi WIB. Bermain di Stadion Soldier Field, kedua tim tampil cukup baik karena saling jual beli serangan.

Namun efektifitas serangan yang dibangun oleh Meksiko jauh lebih baik, daripada permainan Amerika Serikat. Hal itu dibuktikan dari jumlah tendangan ke arah gawang.

Meksiko mencatatkan 19 tendangan, 5 diantaranya on target. Sedangkan Amerika Serikat hanya mampu melepaskan 10 tendangan, 2 diantaranya on target.

Hingga pada akhirnya, Meksiko berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-73 melalui gol Jonathan Dos Santos. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai, dan memastikan diri sebagai juara Piala Emas CONCACAF 2019.

Babak I

Amerika Serikat membuka peluang lebih dahulu, pada menit ke-7 melalui Christian Pulisic. Mendapat umpan matang dari Altidore, penggawa Chelsea itu berhasil merangsek ke dalam kotak penalti Meksiko.

Namun upayanya masih gagal, karena tendangannya masih mampu diblok Ochoa dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Satu menit berselang, giliran Altidore yang mempunyai peluang.

Menerima umpan jauh dari tengah lapangan, Altidore mengontrol bola dengan baik dan mampu mengecoh bek Meksiko. Tapi ia kurang beruntung, karena sepakannya yang sudah dalam posisi one on one dengan kiper melenceng tipis.

Tak ingin diserang terus, Meksiko coba bermain sabar untuk keluar dari tekanan. Hasilnya mereka memperoleh peluang pada menit ke-16.

Membangun serangan dari sisi sayap kanan, penyerang Meksiko, Guardado nyaris membuka keunggulan, jika sepakannya tidak melambung memanfaatkan umpan tarik datar dari rekan setimnya, di depan gawang Amerika Serikat.

Memasuki menit ke-30, Amerika Serikat kembali punya kesempatan untuk mencetak gol. Paul Arriola berhasil merebut bola di dalam kotak penalti Meksiko. Sayang, sepakannya masih melenceng tipis keluar lapangan. 

Bermain disiplin dan hati-hati, membuat kedua tim kesulitan mencetak gol hingga wasit meniup peluit tanda berakhir interval babak pertama, skor 0-0 tak berubah.

Babak II

Di babak kedua, permainan Amerika Serikat tampak kacau. Mereka kesulitan mengembangkan taktik, karena setiap serangan mampu dipatahkan oleh pemain Meksiko.

Dalam rentang tiga menit saja, Mesiko tiga kali memperoleh peluang. Pertama melalui tendangan bebas Guardado menit ke-54, tendangan keras dari luar kotak penalti oleh Guardado menit ke-56.

Dan terakhir tendangan spekulasi dari Guardado lagi menit ke-57. Akan tetapi, upaya tersebut belum membuahkan hasil. Meksiko terus mengurung pertahan Amerika Serikat, hingga akhirnya berbuah manis.

Pada menit ke-73, Meksiko sukses memecah kebuntuan lewat gol Jonathan Dos Santos dari dalam kotak penalti. Ia melakukan placing bola, memanfaatkan umpan rendah dari rekan setimnya. Skor 1-0.

Unggul satu gol, tidak membuat Meksiko mengendurkan serangan. Mereka tetap bermain terbuka, tapi juga sambil mengimbangi lini bertahannya.

Permainan yang tak ada perubahan dari Amerika Serikat, membuat mereka kesulitan mencetak gol, hingga akhirnya wasit meniup peluit panjang sebagai tanda laga usai, skor 1-0 tak berubah untuk kemenangan Meksiko.