Bola Internasional

Wajib Diketahui, Ini Alasan Copa America Digelar Lagi Tahun 2020

Senin, 8 Juli 2019 11:59 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter/Jair M. Bolsonaro
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, merayakan gelar Copa America 2019 negaranya usai mengalahkan Peru pada hari Senin (08/07/19) Copyright: © Twitter/Jair M. Bolsonaro
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, merayakan gelar Copa America 2019 negaranya usai mengalahkan Peru pada hari Senin (08/07/19)

INDOSPORT.COM – Gelaran Copa America 2019 baru saja usai dan menasbihkan tuan rumah Brasil sebagai jawara. Tak perlu menunggu lama, turnamen sepak bola antar negara-negara Amerika Selatan itu akan kembali dihelat pada tahun 2020 mendatang.

Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) melalui kongres yang digelar pada Maret lalu telah menyetujui hajatan Copa America akan digelar pada tahun 2020.

CONMEBOL memtusukan kembali menggelar Copa America dengan jarak hanya setahun dari turnamen terakhir untuk menyelaraskannya dengan kalender turnamen sepak bola dunia, khususnya Eropa.

Sebelumnya, gelaran Copa America selalu digelar di tahun ganjil. Namun mulai tahun depan, Copa America akan digelar pada tahun genap dengan format empat tahunan.

Format baru kejuaraan sepak bola antar negara-negara Amerika Selatan itu dirasa paling sesuai dengan kalender sepak bola dunia. Dengan digelar di tahun genap serta format empat tahun sekali, Copa America akan beriringan dengan turnamen Piala Eropa.

Meski sudah mendapatkan format baru yang dianggap paling sesuai dengan kalender sepak bola Eropa, namun Copa America meninggalkan catatan buruk karena dianggap turnamen antar negara paling ‘gila’ di dunia.

Ya, Copa America 2020 akan menjadi turnamen keempat dalam kurun waktu enam tahun terakhir. Rinciannya, pada tahun 2015 lalu Copa America digelar di Chile.

Setahun kemudian Copa America Centenario yang merupakan edisi spesial guna memperingati 100 tahun kejuaraan digelar di Amerika Serikat. Terakhir, Copa America 2019 baru saja selesai digelar di Brasil.

Tahun depan, Argentina dan Kolombia dipercaya untuk menjadi tuan rumah Copa America 2020. Argentina terakhir kali menjadi tuan rumah pada edisi 2011. Sedangkan Kolombia pernah menggelar Copa America pada tahun 2001.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%