Liga Indonesia

Selain Novri Setiawan, Ini 3 Pemain yang Kena Kartu Merah saat Laga Persija vs Persib

Rabu, 10 Juli 2019 19:44 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Abdul Aziz/INDOSPORT
Novri Setiawan (kiri) hanyalah nama terbaru yang diusir wasit dalam derby klasik Persija Jakarta vs Persib Bandung. Abdul Aziz/INDOSPORT. Copyright: © Abdul Aziz/INDOSPORT
Novri Setiawan (kiri) hanyalah nama terbaru yang diusir wasit dalam derby klasik Persija Jakarta vs Persib Bandung. Abdul Aziz/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM – Panasnya duel klasik antara Persija Jakarta vs Persib Bandung sudah tak diragukan lagi. Laga tersebut kerap memaksa wasit untuk mengeluarkan kartu merah untuk pemain yang membuat ulah dan pelanggaran keras.

Novri Setiawan menjadi nama terbaru yang diusir wasit, tepatnya dalam ajang Shopee Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Rabu (10/07/19). Ia melakukan aksi kontroversial dengan menendang bola secara sengaja ke arah Ezechiel N’Douassel.

Jika ditarik ke enam tahun yang lalu, terdapat tiga pemain lain yang diusir wasit dalam laga derby ini. Persija menjadi tim yang paling agresif dengan torehan dua kartu merah. Sementara itu, Persib hanya menerima satu kali.

Berikut ini, INDOSPORT.COM akan menyajikan tiga cerita pemain yang pernah dihukum kartu merah oleh sang pengadil dalam laga derby terpanas di kancah sepak bola Indonesia ini.

1. Vladimir Vujovic (Persib)

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Vladimir Vujovic resmi hengkang dari Persib Bandung. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Vladimir Vujovic kala masih berseragam Persib Bandung. Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT.

Bek asal Montenegro ini mendapatkan kartu merah di laga derby yang diselenggarakan di Stadion Manahan, Solo, pada 3 November 2017. Vujovic awalnya melancarkan pelanggaran keras kepada Bruno Lopes pada menit ke-82.

Namun, Vujovic merasa tidak terima dengan keputusan wasit Shaun Robert Evans. Ia memprotes keras keputusan sang pengadil. Bukannya memperbaiki keadaan, Vujovic malah langsung menerima kartu kuning kedua dan diusir keluar lapangan.

Akibat insiden tersebut, laga dihentikan selama beberapa menit. Pasalnya, para penggawa Persib tak mau melanjutkan pertandingan. Usai melakukan perundingan sengit, Persib tetap bersikeras mogok bertanding dan akhirnya dinyatakan kalah walkout.

2. Sandi Darma Sute (Persija)

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sandi Sute melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Ceres Negros pada laga keempat Piala AFC 2019. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sandi Sute juga pernah mendapat kartu merah pada laga panas Persija Jakarta dan Persib Bandung. Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Insiden kartu merah Sandi Sute terjadi laga derby putaran pertama Liga 1 pada 22 Juli 2017. Ia menerima kartu kuning kedua pada menit ke-65 usai melanggar Shohei Matsunaga. Sandi pun langsung pasrah dengan keputusan wasit Aprisman Aranda.

Dalam laga yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api tersebut, kedua tim saling melancarkan serangan. Achmad Jufriyanto mencetak gol pembuka pada menit ke-15. Empat menit berselang, Ramdani Lestaluhu menyamakan kedudukan.

Beruntung, kartu merah Sandi tidak menjebloskan tim Macan Kemayoran ke lubang kekalahan. Anak asuh Stefano Cugurra Teco berhasil menahan kedudukan hingga peluit panjang dibunyikan.

3. Fabiano Beltrame (Persija)

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Fabiano Beltrame Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTFabiano Beltrame, yang pernah membela Madura United FC, juga sempat mendapat kartu merah saat berseragam Persija. Ian Setiawan/INDOSPORT .

Pemain yang kini berstatus sebagai pemain Persib ini pernah mendapatkan kartu merah kala membela Persija. Fabiano diusir oleh wasit dalam laga derby Indonesian Super League (ISL) pada 3 Maret 2013 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Kala itu, ia mendapatkan kartu kuning kedua usai melakukan pelanggaran keras kepada Supardi Nasir pada menit ke-71. Sebelumnya, ia mendapatkan kartu kuning pada babak pertama, tepatnya pada menit ke-40, usai melakukan pelanggaran.

Kartu merah Fabiano tak bisa menyelamatkan Persija dari kekalahan, yang takluk dengan skor 1-3 usai kebobolan gol Kenji Adachihara dan Sergio van Dijk. Tim Macan Kemayoran yang kala itu diasuh oleh Iwan Setiawan hanya mampu membalas lewat gol bunuh diri Pedro Velazquez.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%