Liga Italia

Faktor Keluarga, Danielle De Rossi Putuskan Pensiun

Kamis, 11 Juli 2019 10:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Octavio Passos/Getty Images
Pemain AS Roma, Daniele De Rossi usai mencetak gol  ke gawang Porto di Liga Champions. Foto: Octavio Passos/Getty Images Copyright: © Octavio Passos/Getty Images
Pemain AS Roma, Daniele De Rossi usai mencetak gol ke gawang Porto di Liga Champions. Foto: Octavio Passos/Getty Images

INDOSPORT.COM – Gelandang Timnas Italia, Daniele De Rossi, dikabarkan akan segera menggantungkan sepatunya alias pensiun sebagai pesepakbola setelah 18 tahun berseragam AS Roma.

Dilansir dari Sky Sport Italia, keputusan De Rossi untuk mengakhiri kariernya itu bukan karena hilangnya minat untuk terus bermain sepak bola, melainkan karena faktor keluarga.

Ya, Rossi dikatakan enggan meninggalkan keluarganya di ibu kota Roma, sedangkan dia memilih melalang buana bersama klub lain jika pindah dari klub Serie A Italia tersebut.

Sebelumnya, De Rossi dikabarkan diminati oleh sejumlah klub seperti Fiorentina, AC Milan, Boca Juniors, dan sejumlah klub Liga Amerika Serikat.

Laporan Sky juga menyebutkan bahwa meski pensiun, De Rossi tidak serta merta meninggalkan dunia sepak bola sepenuhnya. Dia akan mengikuti jejak ayahnya untuk menjalani karier kepelatihan.

De Rossi sendiri sudah memegang lisensi kepelatihan dasar (Level C) dengan federasi Italia. Namun, dia diharapkan segera menyelesaikan Supercorsa Coverciano untuk mendapatkan lisensi UEFA Pro-nya.

Dengan lisensi kepelatihan ini, bukan tidak mungkin De Rossi akan diboyong Roberto Mancini untuk bergabung dengan stafnya menukangi Azzurri.

De Rossi merupakan jebolan akademi AS Roma. Pemain 35 tahun itu mulai membelaa timm utama Giallorossi sejak musim 2001/02.

Selama 18 musim di Roma, Danielle De Rossi tampil dalam 616 laga, mencetak 63 gol, dan memenangkan dua Coppa Italia, satu Piala Super Italia, dan Piala Dunia bersama timnas Italia pada 2006.