Liga Italia

Perlu Kamu Ketahui! Ini Fakta dan Tujuan Pembangunan New Milano Stadium

Kamis, 11 Juli 2019 13:01 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© tellerreport.com
Stadion San Siro atau Giuseppe Meazza yang dikabarkan akan dirubuhkan untuk pembangunan baru bernama New Milano Stadium. Copyright: © tellerreport.com
Stadion San Siro atau Giuseppe Meazza yang dikabarkan akan dirubuhkan untuk pembangunan baru bernama New Milano Stadium.

INDOSPORT.COM – Dua klub asal Italia, AC Milan dan Inter Milan, memiliki agenda membangun calon markas baru pengganti San Siro, yakni New Milano Stadium. Berikut ini fakta dan tujuannya.

Pembangunan New Milano Stadium mulai memasuki babak baru. Melalui laman resmi klub masing-masing, AC Milan dan Inter Milan menyatakan bahwa mereka mengajukan proposal Studi Kelayakan Tekni dan Ekonomis terkait pembangunan stadion tersebut.

Menurut laman Football Italia, proposal Studi Kelayakan yang dijukan kepada Kota Milan tersebut juga dijabarkan secara publik oleh kedua klub di San Siro pada hari Rabu (10/07/19) kemarin.

Berdasarkan proposal ini, pembangunan stadion akan dibarengi dengan pembanguna distrik perkotaan yang modern, berkelanjutan dan mudah diakses di daerah San Siro.

Nantinya, mereka juga akan membangun stadion baru kelas dunia, bernama New Milano Stadion.

  • Apa Tujuannya?

Proyek ini bertujuan meningkatkan wilayah San Siro, dengan dua realisasi. Pertama, stadion modern baru berkapasitas sekitar 60 ribu kursi di sekitar Meazza.

Kedua, mereka akan menciptakan distrik multifungsi di sekitar Meazza. Distrik ini memuat fasilitas olahraga, hiburan, dan pertokoan.

Nantinya, Stadion baru ini akan menjadi pusat aktivitas modern, tujuan belanja, serta bisa dinikmati oleh warga, penggemar dan turis asing.

  • Apa saja persiapannya?

Proyek pembangunan New Milano Stadium ini, menurut Football Italia, menelan biaya sebesar 1,2 miliar euro atau setara dengan Rp19 triliun. Semua investasi ini akan ditanggung penuh oleh AC Milan dan Inter Milan.

Sebagai langkah pertama, mereka mengajukan proposal Studi Kelayakan kepada kota.

Selain itu, manajemen klub juga mengajak masyarakat setempat untuk berdialog secara terbuka dan konstruktif. Mereka ingin rencana ini didukung penuh oleh masyarakat sehingga proyek bisa berjalan maksimal.