Bola Internasional

Situs Jerman Sebut Sandy Walsh Bukan Pemain Keturunan Indonesia

Kamis, 11 Juli 2019 12:30 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain berdarah Indonesia asal klub Belgia Zulte Waregem, Sandy Walsh, berada di Jakarta. Di sela-sela kunjungannya, pemain yang ingin berseragam Timnas Indonesia tersebut meluangkan waktu untuk bermain sepak bola bersama beberapa komunitas tanah air. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain berdarah Indonesia asal klub Belgia Zulte Waregem, Sandy Walsh, berada di Jakarta. Di sela-sela kunjungannya, pemain yang ingin berseragam Timnas Indonesia tersebut meluangkan waktu untuk bermain sepak bola bersama beberapa komunitas tanah air.

INDOSPORT. COM - Sebuah situs Jerman nampak mengungkap tentang identitas Sandy Walsh yang ternyata bukanlah seorang pemain keturunan Indonesia.

Ya, situs asal Jerman, Transfermarkt, memang biasa memberikan data-data tentang pemain sepak bola. Mulai dari jejak kepindahan klub, harga, hingga status kewarganegaraan pemain, semuanya disajikan secara lengkap oleh Transfermarkt.

Transfermarkt pun turut mempunyai data-data tentang pemain Zulte Waregem, Sandy Walsh. Namun, ada yang cukup janggal dengan data Sandy Walsh versi Transfermarkt.

Sandy Walsh selama ini terkenal sebagai pemain keturunan Indonesia. Bahkan, pada bulan Mei lalu Sandy Walsh sempat pulang ke Tanah Air dan bertemu dengan pelatih Timnas Indonesia, Simon Mcmenemy.

Akan tetapi, profil Sandy Walsh di situs Transfermarkt memperlihatkan data berbeda. Transfermarkt menyebut Sandy Walsh bukanlah pemain keturunan Indonesia.

Data yang dikeluarkan Transfermarkt menunjukkan kalau Sandy Walsh merupakan pemain keturunan Inggris. Hal itu bisa terlihat dari status second citizenship Sandy Walsh yang tertera bendera Inggris.

© Transfermarkt
Data Sandy Walsh di situs Transfermarkt Copyright: TransfermarktData Sandy Walsh di situs Transfermarkt

Padahal, Sandy Walsh pernah mengungkap kalau kakek dan neneknya berasal dari pulau Jawa. Redaksi INDOSPORT juga belum melakukan verifikasi apakah benar Sandy Walsh juga punya darah keturunan Inggris atau tidak.

Sosok Sandy Walsh sendiri sebenarnya sudah sejak lama ingin dinaturalisasi sebagai warga negara Indonesia. Ia sudah berkali-kali melancarkan kode melalui media sosial kalau dirinya siap membel Timnas Indonesia suatu saat nanti.

Namun, hingga kini belum ada kejelasan soal status kewarganegaraan Sandy Walsh. Namanya pun dipastikan belum bisa diandalkan Timnas Indonesia dalam waktu dekat ini.

1