Bola Internasional

Apa kabar Alvaro Recoba, 'Si Cina' Inter Milan Berkaki Kiri Mematikan

Jumat, 12 Juli 2019 16:37 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© New Press/Getty Images
Kabar terbaru dari Alvaro Recoba, 'Si Cina' dari tim Inter Milan yang memiliki kekuatan kiri paling mematikan di Serie A Italia era tahun 90an. Copyright: © New Press/Getty Images
Kabar terbaru dari Alvaro Recoba, 'Si Cina' dari tim Inter Milan yang memiliki kekuatan kiri paling mematikan di Serie A Italia era tahun 90an.

INDOSPORT.COM - Kabar terbaru dari Alvaro Recoba, 'Si Cina' dari tim Inter Milan yang memiliki kekuatan kiri paling mematikan di Serie A Italia era tahun 90an.

Bagi para pecinta sepak bola era sekarang, mungkin nama Recoba masih sangat asing di telinga. Namun, tidak untuk fans Serie A Liga Italia, khususnya para Intersiti era 90an hingga akhir 2008.

Alvaro Recoba, pemain kelahiran Montevideo, Uruguay, 43 tahun silam pernah menjadi saksi bahkan salah satu aktor di balik kejayaan Inter Milan dalam merengkuh sejumlah gelar bergengsi baik di Italia hingga ke level Eropa.

Memulai karier profesional bersama Danubio, salah satu tim lokal Uruguay pada musim 1994, nama Recoba langsung mencuat dan menarik hati sejumlah klub-klub besar di Amerika Latin.

Namun, belum ada tim besar Eropa yang sempat mencium bakat Recoba, hingga akhirnya Inter Milan secara mengejutkan tertarik memboyongnya dari Nacional pada tahun 1997.

Pertama kali menginjakkan kaki di Italia, Recoba berhasil melakukan debut dengan sangat menawan bahkan menjadi salah satu laga pembuka paling impresif dari sekian banyak pemain Inter Milan.

Recoba melakukan debut bersama Inter di hari yang sama dengan Ronaldo da Lima, yakni pada 31 Agustus 1997, saat melawan Brescia di San Siro.

Dalam kondisi tertinggal, dia berhasil mencetak dua gol dalam sepuluh menit terakhir pertandingan. Menariknya, dua gol yang ia cetak sama-sama berasal dari lesakkan kaki kirinya dan kini menjadi ikon untuk Recoba.

Gol pertama ia lesakkan dari tembakan 30 meter yang mampu melewati kiper, dan yang kedua berasal dari tendangan bebas ke sudut atas setelah pelanggaran Cristiano Doni. Inter pun membalikkan kedudukan, dan menang 2-1.

Selama enam musim memperkuat Inter Milan, pemain berjuluk 'Chino' lantaran ia  memiliki mata yang agak sipit, dan wajah yang mirip dengan orang-orang yang berasal dari etnis Cina tersebut, sukses memberikan tujuh gelar untuk Nerazzurri, diantaranya adalah satu UEFA Cup, serta masing-masing dua gelar Serie A, Coppa Italia dan Supercoppa Italiana.

Kini setelah resmi memutuskan pensiun pada Jumat pagi tanggal 1 April 2016 lalu, 'Chino' tampak menghabiskan waktu yang tak jauh dari urusan sepak bola.

Pada tahun 2016, dirinya sempat masuk kedalam skuat Uruguay di ajang sepak bola pantai atau beach soccer. Selama membela Los Charrúas, Recoba mampu mencatatkan tiga kali caps.

Recoba juga acapkali mengikuti pertandingan persahabatan dengan sejumlah tim lokal di Uruguay. Teranyar, dirinya beserta beberapa pemain veteran lain mengikuti turnamen bertajuk Copa Inter Legends.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Álvaro Recoba (@chino_recoba20) on

Recoba juga terlihat tengah mengikuti ajang sepak bola pantai yang digagas salah satu legenda Inter Milan, Christian Vieri, yang bernama Bobo Summer Cup.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BoboSummerCup (@bobosummercup) on

Ajang yang Alvaro Recoba ini juga sempat diikuti oleh beberapa pemain veteran internasional lain termasuk mantan pemain Inter Milan seperti Hernan Crespo, Ronaldo da Lima, Cristian Borocchi, hingga Nicola Ventola.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%