Liga Indonesia

Harga Calon Gelandang Naturalisasi Ini Lebih Murah dari 3 Bintang Timnas U-23

Jumat, 12 Juli 2019 14:48 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Eindhovens Dagblad
Jaell Hattu, mantan pemain PSV Eindhoven keturunan Indonesia. Copyright: © Eindhovens Dagblad
Jaell Hattu, mantan pemain PSV Eindhoven keturunan Indonesia.

INDOSPORT.COM – Eks pemain PSV Eindhoven, Jaell Hattu, memberikan respons mengejutkan ketika ditanya tentang kemungkinan dirinya bakal dinaturalisasi dan gabung skuat Timnas Indonesia.

Jaell yang saat ini baru berusia 21 tahun tidak menutup peluang menjadi warga negara Indonesia dan memperkuat Tim Garuda. Namun ia menegaskan bahwa tidak mudah untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia.

“Tentu saja. Tetapi tidak mudah untuk bergabung (Timnas),” jelas Jaell kepada redaksi INDOSPORT.

Ungkapan tidak mudah yang disebutkan Jaell Hattu bisa jadi berkaitan dengan persaingan di Timnas Indonesia, khususnya di level U-23. Pasalnya, saat ini skuat Garuda Muda dihuni banyak pemain muda di posisi gelandang tengah, sama seperti posisi main Jaell.

Di skuat Timnas Indonesia U-23 saat ini setidaknya ada tiga pemain yang berposisi sama seperti Jaell Hattu, yakni Hanif Sjahbandi, Asnawi Mangkualam Bahar, dan Sani Rizki Fauzi. Tiga pemain tersebut merupakan gelandang-gelandang muda yang menjadi andalan pelatih Indra Sjafri.

Bahkan, jika diliihat dari harga pasaran, tiga pemain tersebut memiliki banderol harga yang lebih mahal dari Jaell Hattu.

Berdasarkan situs Transfermarkt, harga pasaran Jaell Hattu saat ini adalah 50 ribu euro atau sekitar Rp793 juta. Harga pasaran pemain kelahiran Venlo itu bahkan jauh berada di bawah Hanif, Asnawi, dan Sani Rizki.

Sani Rizki saat ini memiliki nilai pasar 100 ribu euro (Rp1,5 miliar). Kemudian, Asnawi memiliki nilai pasar 125 ribu euro (Rp 1,9 miliar). Sedangkan Hanif Sjahbandi punya nilai pasar sebesar 175 ribu euro atau sekitar Rp2,7 miliar.

Jika melihat perbandingan nilai pasar keempat pemain tersebut, mendandakan bahwa talenta asli Indonesia punya kualitas yang tak jauh berbeda dengan pemain luar negeri.

Nama Jaell Hattu sendiri pertama kali terdengar saat salah satu media olahraga asal Vietnam, Bongda, menyebut jika Timnas Indonesia akan diperkuat beberapa pemain keturunan yang tampil di Belanda dan salah satunya adalah Jaell Hattu.

Kurang jelas dari mana darah Indonesia Jael Hattu berasal. Namun jika melihat nama belakangnya besar kemungkinan jika orang tua Jaell Hattu berasal dari Maluku.

Sebab salah satu legenda Timnas Indonesia era 90an dahulu, sempat memiliki punggawa yang juga bernama belakang Hattu yakni Ferril Raymond Hattu kelahiran Saparua, Maluku.

IDS Emoticon Suka
Suka
9%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
9%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
36%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
18%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
9%
IDS Emoticon Marah
Marah
18%