Liga Indonesia

Usai Kalah di Laga Uji Coba, Timnas U-16 Lakukan Tes Psikologi

Minggu, 14 Juli 2019 20:04 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti memberikan pernyataan selepas uji coba dengan tim lokal Bogor. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti memberikan pernyataan selepas uji coba dengan tim lokal Bogor.

INDOSPORT.COM - Usai menjalani uji coba melawan PPLD Bogor di Stadion Mini Cibinong, Jumat (12/07/19) lalu dan mengalami kekalahan 0-1, para pemain Timnas Indonesia U-16 lantas menjalani tes psikotes yang bertempat di hotel menginap, Whiz Prime Hotel, Bogor.

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti menjelaskan tes tersebut dilakukan untuk melihat kemampuan anak asuhnya, terutama mengenai hal di luar sepak bola.

"Kami mengadakan psikotes, dibantu oleh ibu Laksmiari Saraswati, yang dahulu membantu anak-anak U-16 sebelumnya," katanya.

"Ini bertujuan agar kami bisa melihat kemampuan mereka di luar sepak bola," imbuh Bima.

Sementara menyoal perkembangan para pemainnya, Bima Sakti mengatakan hal itu semakin membaik terutama dalam segi penguasaan bola. Meski kalah dengan skor tipis 0-1 di uji coba terakhir, hal itu bukan masalah, apalagi lawannya lebih tua dibandingkan pemainnya.

"Perkembangan pemain semakin bagus, mereka lebih baik dalam penguasaan bolanya," ungkap Bima.

"Lawan kami banyak yang kelahiran tahun 2003, 2002, dan 2001. Kekalahan kami juga dari skema tendangan bebas. Memang karena lawan bermain keras, mereka agak down. Namun itu tidak masalah. Mereka tetap fokus dan bisa bermain baik."

"Saya salut dengan kedewasaan yang ditunjukkan oleh anak-anak di lapangan, dengan kondisi pertandingan seperti itu," urainya.

Saat ini ada 25 pemain yang tergabung dalam pemusatan latihan dan menjalani seleksi sejak akhir 7 Juli hingga 24 Juli 2019 mendatang di Bogor.

Pemusatan latihan tahap akhir ini dilakukan sebagai persiapan jelang menghadapi Piala AFF U-15 2019 yang akan dimulai pada 27 Juli 2019 di Chonburi, Thailand.