Liga Spanyol

Formasi 'Gila' yang Bisa Dipakai Barcelona dengan Hadirnya Antoine Griezmann

Selasa, 16 Juli 2019 09:16 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Formasi Barcelona Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Formasi Barcelona

INDOSPORT.COM - Antoine Griezmann membuat lini depan Barcelona penuh sesak. Berikut formasi "gila" yang bisa dipakai Barcelona dengan datangnya Antoine Griezmann. 

Klub sepak bola FC Barcelona akhirnya mendatangkan Antoine Griezmann ke Camp Nou. Antoine Griezmann ditebus dengan harga 120 juta euro atau sekitar 1,8 triliun rupiah dari Atletico Madrid. 

Antoine Griezmann dikontrak selama 5 musim hingga Juni 2024. Datangnya Antoine Griezmann ke Barcelona, membuat lini depan anak asuh Ernesto Valverde semakin padat. 

Saat ini tercatat Barcelona memiliki Ousmane Dembele, Philippe Coutinho, Lionel Messi, Malcom, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann. Ini masih belum ditambah Neymar yang masih bisa terjadi. 

Itu artinya ada 6-7 pemain yang akan memperebutkan 3 tempat di lini depan Barcelona yang kerap memainkan formasi 4-3-3. Untuk memaksimalkan pemain depan yang dimiliki, Barcelona bisa saja merubah formasinya. 

Berikut ini formasi gila yang bisa dipakai Barcelona.  

4-1-3-2

Formasi pertama yang bisa dipakai Barcelona adalah 4-1-3-2. Dengan formasi ini, peran Sergio Busquets sebagai gelandang bertahan sangat dibutuhkan. 

Sergio Busquets harus selalu siap sedia jika timnya diserang balik. Setelah memantapkan peran Sergio Busquets, barulah lini depan bisa mulai ditata. 

Di depan Sergio Busquets, berdiri Philippe Coutinho sebagai pendistribusi bola. Selanjutnya di sisi kanan ditempatkan Lionel Messi. 

Sedangkan di sisi kiri dimainkan Ousmane Dembele. Barulah Antoine Griezmann dan Luis Suarez berduet sebagai striker. 

Formasi 2 striker ini cocok dengan gaya bermain Antoine Griezmann maupun Luis Suarez. Antoine Griezmann sudah sering melakukannya bersama Atletico Madrid baik dengan Mario Mandzukic, Diego Costa, ataupun Alvaro Morata. 

Dengan begitu, Barcelona bisa tetap memiliki pertahanan yang kokoh, sekaligus lini depan yang menakutkan. 

1-3-6

Salah satu filosofi sepak bola terkenal adalah total football dan menyebut bahwa menyerang adalah pertahanan terbaik. 

Hal itu bisa saja diterapkan Barcelona dengan formasi 1-3-6. Artinya hanya akan ada satu orang bek saja di atas lapangan. 

Selanjutnya ada satu gelandang bertahan yang bisa diisi Sergio Busquets, dan dua gelandang serang yang bisa diisi oleh Arthur (atau Ivan Rakictic) dan Frankie De Jong (yang juga pemain baru Barcelona). 

Selanjutnya 6 orang akan menumpuk di lini depan. Di baris pertama ada nama Coutinho sebagai trequartista. Selanjutnya di sisi kanan ditempatkan Lionel Mess, dan di kiri Mousa Dembele. 

Kemudian ada Neymar (jika jadi kembali ke Barcelona) di depan Ousmane Dembele, ada Antoine Griezmann di depan Lionel Messi, serta Luis Suarez sebagai ujung tombak. 

Formasi ini memang terdengar "gila" untuk sepak bola modern, tetapi apapun bisa terjadi di sepak bola. Real Madrid pun pernah memakai formasi 2-4-4 saat tertinggal dari Mallorca beberapa tahun yang lalu. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%