Bola Internasional

Gagal di Piala Afrika 2019, Legenda AC Milan Dipecat Timnas Kamerun

Rabu, 17 Juli 2019 15:59 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© AS English
Clarence Seedorf dipecat sebagai pelatih Timnas Kamerun setelah gagal di Piala Afrika 2019. Copyright: © AS English
Clarence Seedorf dipecat sebagai pelatih Timnas Kamerun setelah gagal di Piala Afrika 2019.

INDOSPORT.COM – Nasib buruk dialami oleh mantan pemain AC Milan, Clarence Seedorf. Akibat gagal membawa Timnas Kamerun berprestasi di ajang Piala Afrika 2019, pelatih berkebangsaan Belanda itu pun dipecat.

Seedorf memegang jabatan sebagai pelatih kepala Timnas Kamerun sejak tahun 2018 lalu. Ia dibantu oleh eks rekannya di AC Milan dan Timnas Belanda, Patrick Kluivert, sebagai asisten pelatih.

Dipercaya untuk membawa Kamerun meraih prestasi tinggi di ajang Piala Afrika 2019, Seedorf justru menuai hasil buruk di kejuaraan antar negara-negara Benua Hitam tersebut.

Kamerun memang dibawanya lolos ke fase gugur. Namun tim berjuluk Singa-singa Perkasa itu takluk oleh Nigeria di babak perdelapan final dengan skor tipis 2-3.

Akibat kekalahan di fase gugur Piala Afrika 2019, Seedorf pun harus terima nasib dilengserkan dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Kamerun. Kluivert pun juga turut dipecat dari posisi asisten pelatih.

Meski gagal membawa Timnas Kamerun melangkah jauh di Piala Afrika 2019, Clarence Seedorf sejatinya masih ingin bertahan sebagai pelatih. Pria berusia 43 tahun itu menyebut skuatnya punya masa depan menjanjikan karena banyak dihuni pemain muda menjanjikan.

Namun kegagalan di Piala Afrika 2019 rupanya tidak mendapat ampun dari Federasi Sepak Bola Kamerun (FECAFOOT). Mereka memutuskan untuk memberhentikan Seedorf dan juga Kluivert.

Seedorf sendiri diangkat sebagai pelatih Timnas Kamerun pada Agustus 2018 lalu. Ia menandatangani kontrak selama empat musim dan diberi target final Piala Afrika 2021 dan lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.