Liga Indonesia

Kemenangan PSM Makassar atas Persebaya Surabaya Jadi Bukti Strategi Cerdas Darije Kalezic

Kamis, 18 Juli 2019 09:44 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Isman Fadil
© Adriyan Adirizky Indosport
Roy Wanson, Guy Junior, dan Darije Kalezic menghadiri konferensi pers pasca laga melawan Persebaya Surabaya. Copyright: © Adriyan Adirizky Indosport
Roy Wanson, Guy Junior, dan Darije Kalezic menghadiri konferensi pers pasca laga melawan Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, kembali memperlihatkan keahliannya meracik strategi. Salah satunya adalah keahlian memainkan strategi pergantian pemain.

Menjamu Persebaya Surabaya dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Rabu (17/07/19) malam, Juku Eja memastikan kemenangan 2-1 pada babak kedua setelah bermain imbang 1-1 pada paruh pertama.

Gol kemenangan Wiljan Pluim dan kolega dihasilkan oleh sundulan mematikan penyerang pengganti Ferdinand Sinaga di menit ke-67 meneruskan umpan silang M Rahmat dari sisi kiri penyerangan.

Berhasilnya strategi pergantian permain tersebut membuat pelatih sepakbola 49 tahun sangat senang, meski sebelumnya terkejut dengan gol balasan Persebaya Surabaya yang dibuat Irfan Jaya.

"Pada babak kedua saya putuskan mengganti Bayu dengan Ferdinand. Ferdinand melakukan tugasnya dengan sangat bagus dengan mencetak gol," ungkap Darije Kalezic, Rabu (17/07/19).

"Kami membuat banyak peluang di babak kedua, saya fikir kami layak memenangkan laga malam ini," tutur pria asal Bosnia Herzegovina kepada awak media olahraga.

Pada dua laga sebelumnya Darije juga berhasil memaksimalkan strategi pergantian pemain. Melawan Bhayangkara FC, Darije memasukkan Zulham Zamrun pada awal babak kedua dan berhasil meningkatkan agresifitas penyerangan. Alhasil PSM Makassar membuat gol kemenangan pada babak kedua melalui Ferdinand.

Begitupun melawan Madura United pada leg kedua Kratingdaeng Piala Indonesia, saat PSM Makassar tertinggal 0-2 dan hanya membutuhkan 1 gol untuk lolos ke final, mantan juru taktik Jong PSV ini memasukan Bayu Gatra.

Keputusan tersebut sangat tepat sebab berkat sundulan Bayu, Aaron Evans berhasil mencetak satu gol dan membawa PSM Makassar melaju ke final.

Kemenangan atas Persebaya Surabaya, membuat peringkat PSM Makassar naik tiga tangga ke posisi ke-6 klasemen sementara Liga 1 2019 dengan koleksi 13 poin. 

2