Bola Internasional

Ketemu Indonesia, Media Vietnam Kenang Momen Buruk di Piala AFF 2016

Jumat, 19 Juli 2019 21:02 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai mengalahkan Vietnam pada Piala AFF 2016 lalu. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai mengalahkan Vietnam pada Piala AFF 2016 lalu.

INDOSPORT.COM – Hasil undian Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang mempertemukan empat negara AFF dalam satu grup mendapatkan sorotan dari media asal Vietnam, Bongda. Media tersebut mengilas balik momen buruk Vietnam kala berjumpa Indonesia di Piala AFF 2016.

Kala itu, Vietnam bertemu dengan Timnas Indonesia di babak semifinal. Tim asuhan Nguyen Huu Thang itu sempat kalah di Stadion Pakansari, Bogor, pada leg pertama dengan skor 1-2. Indonesia yang saat itu dtangani Alfred Riedl unggul melalui gol Hansamu Yama Pranata dan Boaz Solossa.

Pada leg kedua, mereka sempat memaksakan hasil imbang secara dramatis. Gol Vu Minh Tuan pada menit ke-90+3 sempat membuat skor agregat menjadi 3-3. Namun, Manahati Lestusen tampil sebagai tokoh antagonis bagi Vietnam dengan golnya menit ke-97. Gol tersebut turut membawa Indonesia lolos ke partai puncak.

Selain membahas kekalahan Vietnam, Bongda juga menyoroti kekuatan para pemain muda Indonesia. Beberapa nama yang menjadi perhatian adalah Ezra Walian dan Marinus Wanewar. Keduanya merupakan bagian dari skuat Indonesia yang menjuarai Piala AFF U-22 pada Februari 2019 lalu.

Dengan beberapa pembahasan di atas, Bongda mengatakan bahwa Vietnam perlu mewaspadai kekuatan Indonesia meski jauh di bawah peringkat mereka. Vietnam sendiri merupakan satu-satunya negara AFF yang masuk dalam 100 besar peringkat FIFA.

Indonesia sendiri tergabung satu grup bersama Thailand, Malaysia, dan Uni Emirat Arab. Tim asuhan Simon McMenemy tentu harus bisa memanfaatkan undian grup ini. Bukan tak mungkin, kejayaan Indonesia atas Vietnam seperti di Piala AFF 2016 bakal terulang kembali.

IDS Emoticon Suka
Suka
17%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
17%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%