Bola Internasional

Sadio Mane Kecam Ballon d'Or atas Diskriminasi Sepak Bola Afrika

Jumat, 19 Juli 2019 17:01 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Twitter/@CAF_Online
Sadio Mane menganggap penyelenggara Ballon d'Or tidak menganggap penting kompetisi sepak bola Afrika. Copyright: © Twitter/@CAF_Online
Sadio Mane menganggap penyelenggara Ballon d'Or tidak menganggap penting kompetisi sepak bola Afrika.

INDOSPORT.COM – Bintang Liverpool, Sadio Mane, mengecam penghargaan bergengsi Ballon d’Or 2019 yang tidak menganggap turnamen sepak bola Afrika selevel dengan turnamen di Eropa dan Amerika Selatan.

Bintang asal Senegal, Sadio Mane, membantu timnya Liverpool memenangkan Liga Champions 2018/19. Torehannya itu membuatnya masuk dalam kandidat pemenang Ballon d’Or tahun ini.

Keberhasilan bisa berlanjut jika berhasil memenangkan Piala Afrika 2019 bersama negaranya melawan Aljazair pada babak final Piala Afrika yang akan berlangsung pada hari Sabtu (19/07/19) dini hari WIB.

Akan tetapi, Mane meyakini keberhasilannya menjuarai Piala Afrika 2019 nanti tidak berpengaruh besar dalam klasemen Ballon d’Or 2019, mengingat turnamen ini dianggap tidak terlalu bergengsi bagi sepak bola dunia.

“Saya pikir tidak wajar jika Piala Afrika tidak dianggap selevel dengan Copa Amerika atau Euro. Itulah seruan yang kami semua lakukan. Sangat memalukan. Dengan segala hormat, (diskriminasi) ini harus dihentikan,” kata Mane dilansir dari laman Foxsports Asia.

Di dalam perebutan Ballon d’Or 2019 ini, striker berusia 26 tahun itu harus bersaing dengan tiga rekannya di Liverpool, yakni Mohamed Salah, Virgil van Dijk dan Alisson Becker.

Keempat pemain itu berpotensi mematikan dominasi dua superstar sepak bola, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, yang meraih masing-masing lima trofi Ballon d'Or selama satu dekade, meski sebelumnya sudah dipatahkan Luka Modric pada gelaran tahun 2018.

Van Dijk sementara itu merupakan runner-up bersama Timnas Belanda di UEFA Nations League dan Alisson memenangkan Copa America 2019 bersama Brasil. Sementara, Ronaldo memenangkan UEFA Nations League bersama Portugal.