Liga Indonesia

Cedera Serius, Kiper Andalan Garuda Select dan Timnas U-18 Bicara Masa Depannya

Minggu, 21 Juli 2019 14:02 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fitra Herdian/Indosport.com
Ernando Ari Sutaryadi saat masuk lapangan. Copyright: © Fitra Herdian/Indosport.com
Ernando Ari Sutaryadi saat masuk lapangan.

INDOSPORT.COM – Kabar kurang menyenangkan datang dari skuat Timnas Indonesia U-18 yang akan menghadapi gelaran Piala AFF U-18 2019 di Vietnam, Agustus mendatang. Adapun kiper Ernando Ari Sutaryadi yang harus menderita cedera dan diprediksi belum dapat kembali ke lapangan hijau dalam waktu dekat.

Ernando Ari sendiri merupakan salah satu kiper muda terbaik Tanah Air yang sebelumnya terpilih untuk mengikuti program Garuda Select di Inggris. Kini ia diproyeksikan untuk mebela Timnas Indonesia U-18 di bawah asuhan pelatih Fakhri Husaini.

Kiper kelahiran tahun 2002 itu mendapat cedera di tangan kiri saat mengikuti latihan perdana di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo, Rabu (17/07/19) lalu. Hal itu dibenarkan oleh dokter Timnas U-18, Syarief Alwi kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

“Memang dia cedera setelah berusaha menahan tendangan keras, akibatnya ada cedera trauma lamanya kambuh dan ada tulang yang geser sedikit, nanti akan kita terapi,” ujar Syarief Alwi.

Meski mendapat cedera cukup serius dan peluangnya untuk membela Timnas Indonesia U-18 terbilang kecil, namun Ernando Ari Sutaryadi mengaku masih memiliki banyak kesempatan untuk melanjutkan karirnya di masa depan. Terlebih saat ini ia masih tercatat menjadi pemain Persebaya Surabaya U-18.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ERNANDO ARI SUTARYADI (@nandoariiiss) on

“Saya pikir tidak untuk saat ini, dan ini bukan tujuan akhir dalam karier saya. Masih banyak kesempatan yang akan saya raih,” ujar Ernando seperti dimuat dalam akun sosial Instagram @nandoariiiss, Minggu (21/07/19).

“Terima kasih Tuhan, masih mencintai saya dan memberikan cobaan ini, dan saya akan kembali lebih kuat pada kesempatan yang akan datang. Saya berjanji,” lanjutnya.

Ungkapan tersebut lantas mendapat respon positif dari pemain Timnas U-18 lainnya, yang juga merupakan alumni Garuda Select.

Insha Allah Met, ada hikmah, tetap semangat, enjoy,” komentar dari Sutan Zico.

“Ya! Kesempatan akan datang,” timpal Bagus Kahfi.

“Semangat Ndo,” tambah Komang Teguh, yang juga mendapat dukungan serupa dari Bagas Kaffa dan Yudha Febrian.

Perlu diketahui jika Timnas Indonesia U-18 akan menghadapi kompetisi Piala AFF U-18 2019 di Ho Chi Minh, Vietnam. Laga pertama skuat besutan Fakhri Husaini adalah menghadapi Filipina U-18 pada 6 Agustus 2019 dan Timor Leste U-18 pada 8 Agustus 2019.

Selanjutnya Sutan Zico dan kawan-kawan akan menghadapi perlawanan dari Brunei Darussalam U-18 pada 10 Agustus 2019, Laos U-18 pada 12 Agustus, dan babak penyisihan grup A akan ditutup dengan laga kontra Myanmar U-18 pada 14 Agustus 2019.