Liga Indonesia

Ikuti Piala AFC dan Piala Indonesia, PSM Tunda Enam Laga Liga 1

Selasa, 23 Juli 2019 23:22 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Logo PSM Makassar. Copyright: © INDOSPORT
Logo PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Ketidakcakapan PSSI maupun PT LIB menyusun jadwal Kratingdaeng Piala Indonesia dan Shopee Liga 1 2019 berimbas pada mepetnya jadwal pertandingan yang harus dilakoni setiap klub di musim ini, salah satunya adalah PSM Makassar.

Bahkan klub tertua di Indonesia tersebut memiliki jadwal yang lebih padat lagi sebab membawa panji sepakbola Indonesia di kompetisi Asia yakni Piala AFC 2019.

Sayang, Juku Eja harus terhenti di semifinal zona ASEAN di tangan wakil Vietnam, Becamex Binh Duong.

Sementara itu diajang Kratingdaeng Piala Indonesia, anak asuh Darije Kalezic berhasil menembus final dan hanya menyisakan satu laga lagi untuk menjadi juara. Namun, saat ini PSM Makassar tertinggal agregat 0-1 atas Persija Jakarta.

Sedangkan pada Shopee Liga 1 2019, Willjan Pluim dkk terseok di papan tengah tepatnya diperingkat 7 klasemen sementara dengan 13 poin, tertinggal 7 poin dari Tira Persikabo yang memuncaki klasemen.

Namun perlu diketahui, PSM Makassar baru memainkan 6 laga di Shopee Liga 1 2019 alias paling sedikit dibanding kontestan lainnya. Sementara itu, Tira Persikabo yang memuncaki klasemen telah memainkan 10 laga.

© PSM Makassar
Skuat PSM Makassar sedang jalani sesi latihan. Copyright: PSM MakassarSkuat PSM Makassar sedang jalani sesi latihan.

Ya, akibat mengikuti Piala AFC 2019 dan Kratingdaeng Piala Indonesia ditambah ketidakcakapan PSSI dan PT LIB menyusun jadwal, PSM Makassar harus rela menunda enam laga di Shopee Liga 1 2019 akibat terlalu mepet.

Laga pertama yang ditunda adalah di pekan keempat melawan Persipura Jayapura yang semula dijadwal pada 16 Juni.

Namun, laga tersebut batal berbarengan dengan seluruh laga di pekan keempat setelah Timnas Indonesia melakukan agenda uji coba di waktu bersamaan.

Duel melawan Mutiara Hitam sejatinya telah dijawal ulang oleh PT LIB selaku operator liga yakni pada 25 Juli. Namun, lagi-lagi laga tersebut kembali ditunda akibat PSM Makassar tidak ingin ada laga disela-sela dua leg Final Kratingdaeng Piala Indonesia.

Selanjutnya pada pekan kelima melawan Arema FC (21 Juni) juga kembali ditunda. Penundaan tersebut merupakan permintaan langsung dari PSM Makassar sebab tengah fokus menghadapi Becamex Binh Duong di semifinal Piala AFC 2019 zona ASEAN.

Laga keempat PSM Makassar yang ditunda adalah melawan Persija Jakarta (5 Juli) di pekan ketujuh. Duel tersebut batal sebab baik PSM Makassar maupun Persija Jakarta bermain di semifinal Kratingdaeng Piala Indonesia dua dan satu hari setelah 5 Juli.

Dua laga terakhir yang ditunda yakni melawan Kalteng Putra (21 Juli) dan PSIS Semarang (29 Juli) pada pekan ke-10 dan ke-11 Shopee Liga 1 2019. Kedua laga tersebut harus ditunda akibat berbenturan dengan jadwal dua leg Final Kratingdaeng Piala Indonesia.

Dengan demikian, jelas PSM Makassar harus bisa menjaga stamina mereka, termasuk sang pelatih Darije Kalezic harus dapat pintar meracik strategi agar dapat meraih hasil positif di semua laga yang mereka mainkan.

3