Bola Internasional

Turun Takhta, Manchester United Tak Lagi Jadi Klub Terkaya Versi Forbes

Selasa, 23 Juli 2019 14:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Paul Kane/Getty Images
Mason Greenwood merayakan golnya dalam laga Manchester United vs Leeds United, Rabu (17/07/19). Copyright: © Paul Kane/Getty Images
Mason Greenwood merayakan golnya dalam laga Manchester United vs Leeds United, Rabu (17/07/19).

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris, Manchester United, tidak lagi menjadi klub terkaya yang ditetapkan majalah Forbes, lantaran mengalami turun peringkat dari posisi 2 menjadi 6 di belakang Real Madrid dan Barcelona.

Dilansir dari Sport Mirror, kubu berjuluk Setan Merah itu jatuh empat peringkat dari daftar tim paling berharga, dengan jumlah kekayaan mencapai 3,81 miliar dolar atau setara Rp53,2 triliun. Posisi tim besutan Ole Gunnar Solskjaer itu saat ini berada di belakang raksasa LaLiga Spanyol, Real Madrid, yang berada di posisi ketiga, dan Barcelona di posisi keempat.

Kedua tim ini berhasil mempertahankan posisi tersebut sejak 2018. Itu artinya, hanya Manchester United yang gagal membuktikan diri sebagai tim termahal menyusul keterpurukan yang dialami mereka di musim 2018/19.

Ya, Manchester United mengalami degradasi performa sepanjang musim lalu. Mulai dari pemecatan Jose Mourinho, drama kontrak pemain, hingga finish di posisi keenam Liga Inggris yang mengirim mereka ke turnamen Liga Europa 2019/20 mendatang.

Setan Merah diharapkan bisa bangkit pada musim 2019/20 kali ini, terutama setelah melihat hasil positif yang mereka torehkan selama tur pramusim. Solskjaer mampu membangkitkan semangat juang para pemain, khususnya pemain muda, ditambah kedatangan amunisi pemain baru seperti Daniel James dan Aaron Wan-Bissaka untuk menambah kekuatan Manchester United di musim depan. 

Meski demkian, Manchester United masih berstatus tim termahal di Liga Primer Inggris. Pasalnya, empat tim elite lainnya beradar di luar 10 besar namun masih termasuk daftar 50 tim terkaya, yakni Manchester City (25), Chelsea (32), Arsenal (42) dan Liverpool (45). Selain itu, juara Bundesliga Jerman, Bayern Munchen juga masuk daftar 50 besar dengan menempati posisi 17.  

Sementara Forbes memberikan status klub olahraga terkaya saat ini kepada tim American Football NFL, Dallas Cowboys. Tim ini sudah mempertahankan posisinya selama empat tahun berturut-turut dengan nilai kekayaan mencapai 5 miliar dolar atau Rp69,8 triliun.

Berikut daftar 10 besar klub olahraga terkaya di dunia versi majalah Forbes:

1. Dallas Cowboys (5 milar dolar)

2. New York Yankees (4,6 miliar dolar)

3. Real Madrid (4,24 miliar dolar)

4. Barcelona (4,02 miliar dolar)

5. New York Knicks (4 miliar dolar)

6. Manchester United (3,81 miliar dolar)

7. New England Patriots (3,8 miliar dolar)

8. Los Angeles Lakers (3,7 miliar dolar)

9. Golden State Warriors (3.5 miliar dolar)

10. Los Angeles Dodgers / New York Giants (3,3 miliar dolar)