Liga Indonesia

Lewati Kurnia Meiga, 2 Kiper Liga Indonesia Mampu Cetak Gol Spektakuler

Kamis, 25 Juli 2019 16:29 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© official PSCS
M Ihsan Ramadhani (kanan) foto bersama rekan satu timnya Copyright: © official PSCS
M Ihsan Ramadhani (kanan) foto bersama rekan satu timnya

INDOSPORT.COM - Ada hal di luar kebiasaan di mana terdapat dua kiper yang berkarier di Liga Indonesia malah mampu mencetak gol spektakuler.

Sepak bola memang dimainkan secara kolektif oleh 11 pemain. Akan tetapi ada satu posisi yang begitu krusial, yakni penjaga gawang atau kiper.

Peran kiper sendiri sejauh ini harus bisa menghalau sepakan lawan, menangkap bola, menyapu tandukan, bahkan di era modern saat ini juga dituntut bisa membangun serangan dari bawah.

Posisinya yang berada paling belakang ketika tim sedang menyerang dan paling depan saat klubnya sedang diserang membuat kiper memiliki ciri khas tersendiri.

Kiper kerap memberikan teguran kepada rekannya yang bermain buruk. Tak jarang penjaga gawang melakukan kesalahan yang mengakibatkan kerugian bagi klub yang dibelanya.

Maka posisi yang paling sunyi ini begitu istimewa dalam dunia sepak bola di dunia manapun, termasuk di Indonesia, salah satunya.

Namun tak jarang, kiper malah bisa mencetak gol penting dan spektakuler dalam sebuah pertandingan. Hal ini beberapa kali ternyata terjadi di kompetisi Liga Indonesia.

Tentu hal ini menjadi di luar kebiasaan tersendiri. Pasalnya kiper-kiper yang berlaga di Liga Indonesia (1, 2, dan 3) jarang membubuhkan gol.

Nah, dari pada berlama-lama, berikut deretan kiper yang pernah mencetak gol ketika berlaga di turnamen Liga Indonesia, baik terjadi kasta 1, 2, dan 3. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Geri Mandagi

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Mitra Kukar Geri Mandagi dan asisten pelatih Mitra Kukar Sukardi pada acara jumpa pers grup B Piala Presiden 2019 di stadion Patriot, Sabtu (02/03/19). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTGeri Mandagi (kiri) saat memperkuat Persiba Balikpapan.

Salah satu kiper yang berkarier di Liga Indonesia dan pernah mencetak gol ialah Geri Mandagi. Hal itu terjadi pada kompetisi Piala Gubernur Kaltim 2016 silam.

Aksi Geri Mandagi mencetak gol terjadi pada pertandingan pra musim antara Persiba Balikpapan vs PON Kaltim, Kamis (03/03/16) silam.

Pertandingan berlangsung sengit, baik Persiba maupun PON Kaltim sama-sama ingin mendulang kemenangan pada matchday kedua Piala Gubernur Kaltim 2016.

Menjelang akhir laga, tiba-tiba Geri Mandagi ikut maju ke dalam kotak penalti lawan. Keputusan tersebut malah berbuah manis, di mana dia bisa menyundul bola dan berbuah gol.

Persiba pun akhirnya mendulang kemenangan penting. Geri mengaku gol tersebut merupakan yang pertama dalam laga resmi sepanjang kariernya.

"Gol itu menjadi kado untuk putriku yang merayakan ulang tahun. Pasca laga saya menelepon putriku untuk bisa merasakan kebahagiaan itu," papar Geri kepada pewarta pada 2016 silam.

2. M. Ihsan Ramadani

© official PSCS
Kiper PSCS Cilacap, M Ihsan Ramadhani Copyright: official PSCSMantan kiper PSCS Cilacap, M Ihsan Ramadhani.

Lalu ada kiper dengan nama M. Ihsan Ramadani yang juga pernah mencetak gol spektakuler kala berlaga di Liga Indonesia sejauh ini.

Terbaru Ihsan sukses membuat gol krusial pada laga Persipur Purwodadi vs Persipa Pati di Liga 3 2019 Jawa Tengah, Rabu (25/07/19) kemarin.

Kiper Persipa, Ihsan Ramadhani mencetak gol spektakuler di akhir babak kedua untuk memaksakan skor berakhir imbang, 2-2.

Ihsan yang memutuskan maju ke mulut gawang, mendapat kesempatan untuk melepaskan tendangan keras. Sepakannya itu tak bisa dihalau kiper lawan dan terjadilah gol.

Kiper Persipa itu mengaku sangat bersyukur karena bisa mencetak gol dan membawa poin penting bagi tim yang dibelanya saat ini.

"Gol itu insting saja karena kebetulan bola pas jatuh ke saya dan langsung tendang ke gawang," ujar Ihsan kepada awak redaksi olahraga INDOSPORT.

Meski begitu, ternyata Ihsan kerap kali mencetak gol ketika masih membela PSCS Cilacap di Liga 3 2018 silam. Dia dinobatkan sebagai kiper tersubur saat itu dengan menorehkan dua gol dari titik penalti.

Bisa dibilang kedua kiper tadi telah melewati kehebatan kiper Arema FC Kurnia Meiga dalam mencetak gol saja. Namun untuk statistik lain tentunya penggemar sepak bola lebih tahu.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%