Liga Indonesia

Susul Witan Sulaeman, 3 Wonderkid Indonesia Tunggu Pinangan Klub Eropa

Kamis, 25 Juli 2019 18:28 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© the-afc.com
Witan Sulaiman, pemain muda Timnas Indonesia U-23. Copyright: © the-afc.com
Witan Sulaiman, pemain muda Timnas Indonesia U-23.

INDOSPORT.COM - Ternyata ada tiga wonderkid Tanah Air yang masih menunggu pinangan klub Eropa dan mereka tampaknya bakal menyusul kiprah bintang Timnas Indonesia U-23 Witan Sulaeman.

Witan dilaporkan sudah teken pra kontrak dengan salah satu klub Eropa. Dia pun akan berangakat pada Agustus 2019  mendatang untuk latihan intens.

"Nanti diinfokan (soal klub) dan kalau perginya Agustus, Insyaallah. Untuk kontrak resmi belum, tunggu 18 tahun," ujar agen Witan, Dusan Bogdanovic kepada wartawan, Selasa (23/07/19).

Maka dari itu, Witan tengah bergegas untuk mempersiapkan semuanya. Baik dari segi teknik, taktik, mental, hingga stamina kala tinggal di Eropa.

Atas hal ini Witan berhasil menyusul kompatriotnya di Timnas Indonesia U-23, Egy Maulana Vikri, yang telah resmi dikontrak klub sepak bola asal Polandia, Lechia Gdansk.

© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Gelandang Timnas Indonesia U-19 Witan Sulaeman. Copyright: Eli Suhaeli/INDOSPORTGelandang Timnas Indonesia U-19 Witan Sulaeman.

Meski begitu, ternyata ada beberapa wonderkid Indonesia yang terang-terangan mengaku saat ini masih menunggu pinangan dari klub-klub di Eropa.

Tentu dengan bermain di Eropa akan menjadi sebuah pengalaman dan rezeki tersendiri bagi pemain sepak bola Indonesia, dimana mereka bakal membawa nama harum bangsa.

1. Muhammad Rafid Habibie

© rafidhabibie/Instagram
Rafid Habibie. Copyright: rafidhabibie/InstagramWonderkid Indonesia Muhammad Rafid Habibie.

Wonderkid pertama yang terang-terangan menjelaskan dirinya tengah menunggu pinangan klub sepak bola Eropa ialah Muhammad Rafid Habibie, yang sempat berkarier di Italia.

Hal itu dia ungkapkan ketika tak jadi bergabung dengan Blitar Bandung United sebelum Liga 2 2019 bergulir, meski sempat berlatih.

"Saya juga sekarang sedang menunggu kabar dari klub Eropa," ujar Rafid saat dihubungi langsung awak redaksi olahraga INDOSPORT, Sabtu (22/06/19).

Rafid Habibie juga urung berani membocorkan klub yang bakal meminangnya karena surat kontrak belum dipegang oleh wonderkid Indonesia ini.

2. Nathan Muskitta

© Instagram
Nathan Muskitta  saat mengenakan kaos Timnas Copyright: InstagramNathan Muskitta saat mengenakan kaos Timnas Indonesia.

Kemudian ada Nathan Ariel Muskitta yang juga tengah menunggu pinangan dari klub Eropa. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh sang ayah, Iwan Muskitta.

"Nathan saat ini di Inggris dan sedang menunggu klub baru yang belum bisa didiskusikan," kata Iwan Muskitta kepada redaksi olahraga, INDOSPORT, Kamis (18/07/19).

Iwan juga menjelaskan kalau Nathan bakal bermain di tim senior, tepatnya skuat utama yang bukan di Liga Primer Inggris. Lantaran Nathan mesti membangun jam terbang lebih dulu.

3. Tristan Alif

© tristan_alif28.id
Tristan Alif Naufal saat mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-16. Copyright: tristan_alif28.idTristan Alif Naufal saat mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-16.

Terakhir ada Tristan Alif yang juga sempat mengaku sudah menerima undangan klub Eropa. Kabar itu diutarakan langsung oleh sang ibunda, Irma Lansano.

"Sebetulnya memang sebelum ada pemanggilan Timnas Indonesia U-16 sebulan lalu, sudah ada undangan dari salah satu klub di Eropa," jelas Irma saat dihubungi awak redaksi olahraga INDOSPORT, Rabu (22/05/19).

Irma menambahkan kalau sebelumnya juga sudah bicara dengan asisten pelatih Timnas Indonesia U-19 soal keberangkatan Tristan ke Eropa. Namun mereka ingin melihat kemampuan sang anak.

"Kami sejatinya sudah melewatkan undanganya harusnya 20 Mei ini. Namun tidak apa-apa dan ini menjadi pelajaran bagi sang anak," sambung Irma.

Meski begitu, ada beberapa wonderkid Indonesia yang telah berkarier di Eropa. Namun kiprah mereka kurang disorot oleh media setempat.