Bola Internasional

Catat! Ini Tanggal Resmi Pertandingan Piala Dunia Antarklub 2019 di Qatar

Jumat, 26 Juli 2019 17:42 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© FIFA
Trofi Piala Dunia Antarklub 2019 Copyright: © FIFA
Trofi Piala Dunia Antarklub 2019

INDOSPORT.COM - Ajang kompetisi pertandingan Piala Dunia Antarklub 2019 di Qatar akan berlangsung bulan Desember mendatang. Kompetisi ini akan mempertemukan tujuh tim berbeda dari banyak negara. Berikut tanggal resmi pertandingannya.

Dilansir situs resmi FIFA, format kejuaraan ini akan terdiri dari delapan pertandingan berbeda. Akan ada undian terlebih dahulu untuk menentukan tim mana yang akan bertanding pada babak kedua dan semifinal nantinya.

Undian pertandingan ini akan diselenggarakan di kantor pusat FIFA yang terletak di Zurich, Swiss pada tanggal 16 September mendatang. Para partisipan yang akan mengikuti Piala Dunia Antarklub 2019 ini ialah para juara dari ajang kompetisi bergengsi di tiap benua.

Sudah ada tiga peserta klub sepak bola yang dipastikan akan mengikuti kompetisi ini. Ketiga klub ini ialah CF Monterrey dari Meksiko (pemenang Piala Emas Concacaf 2019), Hienghene Sport asal Kaledonia Baru (pemenang Piala Negara OFC 2019), dan Liverpool dari Inggris (pemenang Liga Champions 2018/19).

Sementara sisanya masih harus menunggu beberapa bulan mendatang karena kejuaraannya masih berlangsung. Klub yang nantinya akan menjadi tuan rumah di Qatar juga akan ditentukan dari kejuaraan Piala AFC karena termasuk wilayah benua Asia.

Jika juara Piala AFC berasal dari klub Qatar, mereka akan langsung lolos ke babak kedua. Sementara jika bukan, maka klub pemegang juara Qatar Stars League, Al Sadd SC akan bermain di laga pembuka melawan Hienghen Sport pada 11 Desember.

Berikut Jadwal Lengkap Pertandingan Piala Dunia Antarklub 2019:

Babak pertama

  • Pertandingan 1 Al Sadd SC vs Hienghene Sport (11 Desember)

Babak kedua

  • Pertandingan 2 Tim A vs Tim B (14 Desember)
  • Pertandingan 3 Tim C vs Tim D (14 Desember)

Pertandingan perebutan tempat ke-5 dan semifinal

  • Pertandingan 4 perebutan tempat ke-5 (17 Desember)
  • Pertandingan 5 Wakil juara Piala Libertadores 2019 (Amerika Selatan) vs pemenang pertandingan 2 atau 3 (17 Desember)
  • Pertandingan 6 pemenang pertandingan 2 atau 3 vs Liverpool (18 Desember)

Perebutan tempat ke-3 dan babak final

  • Pertandingan 7 perebutan tempat ke-3 (21 Desember)
  • Pertandingan 8 Final (21 Desember)
  1. Partisipan Al Sadd SC bergantung dengan hasil dari Piala AFC 2019.
  2. Tim A, B, C, dan D akan ditentukan melalui undian antara CF Monterrey, pemanang AFC, wakil CAF, dan pemenang pertandingan 1. Penentuan pertandingan 2,3,4,5,6 akan ditentukan melalui undian.